Home / Aspirasi

Tuesday, 8 September 2020 - 08:00 WIB

Tekan Pengangguran Akibat Pandemi, Ini Pesan Politisi PDI Perjuangan

H Romadhony Putra Pratama, politisi PDI Perjuangan. (ist)

H Romadhony Putra Pratama, politisi PDI Perjuangan. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Pandemi Covid-19 membuat semua terentak. Ekonomi mengalami penurunan yang cukup tajam. Sektor usaha pun terpukul. Akibatnya, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Kondisi tersebut tidak hanya menimpa Kalimantan Timur (Kaltim), melainkan seluruh wilayah di Indonesia, bahkan dunia. Kendati demikian, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) optimistis kondisi tersebut segera berlalu.

Guna menekan tingginya angka pengangguran di Benua Etam, politisi PDI Perjuangan, H Romadhony Putra Pratama mengimbau agar pemerintah menciptakan wirausahawan produktif. Menurutnya, wirausahawan produktif tersebut dapat diciptakan, salah satunya dengan cara menggelar program pelatihan kewirausahaan.

“Pemerintah perlu melakukan kegiatan pelatihan peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja secara rutin di daerah-daerah. Yang mana program tersebut berguna untuk mendorong penciptaan wirausahawan baru produktif dengan memanfaatkan potensi lokal,” ujarnya.

Pria kelahiran Samarinda, 13 Januari 1997 itu mencontohkan, salah satu cara mengembangkan wirusaha produktif dengan membuat produk olahan berbahan ikan. Sehingga sumber daya lokal dapat menjadi produk-produk bernilai tambah dengan tingkat daya saing yang baik.

“Pelatihan kewirausahaan baiknya tidak hanya digelar di perkotaan, tapi juga di daerah pinggiran, pedesaan, dan pedalaman,” ucap wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Samarinda ini.

Dengan adanya program pelatihan tersebut, Dhony–sapaan akrabnya–berharap dapat membuka peluang kerja baru dari usaha-usaha yang dijalankan wirausahawan produktif yang baru.

“Jika penerapan manajemen kewirausahaan produktif tersebut dapat dikembangkan dengan baik, maka bukan hanya akan memberikan keuntungan dan peningkatan kesejahteraan bagi setiap wirausahawan, tetapi sangat mungkin akan membuka lapangan kerja baru,” katanya.

Dikatakannya, banyak peluang untuk melakukan kegiatan ekonomi, khususnya dibidang usaha. Namun masyarakat masih banyak yang kurang menyadari itu.

“Wirausaha merupakan solusi memperbaiki perekonomian suatu negara. Wirausaha adalah mereka yang berjiwa berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan guna menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik,” ujarnya.

Baca Juga:  Covid-19 Teror Siapa Saja, Sudah Tiga Kepala Daerah di Kaltim Terpapar

Dengan adanya wirausaha, lanjut dia, maka perubahan ekonomi akan membaik dan memperbaiki pendapatan suatu daerah. “Karena wirausaha memberikan peranan penting dalam mengurangi pengangguran,” tutup Dhony. (***)

 

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Aspirasi

Warga Curhat soal Pandemi hingga Sembako, Safaruddin: Insya Allah Kita Bantu dan Perjuangkan

Aspirasi

Terkesan Buru-buru, Sekdaprov Kaltim Bantah Ada Mufakat Jahat di Pembahasan APBD 2021

Aspirasi

Dorong Kemandirian dan Ketahanan Pangan lewat Pengembangan Porang, Safaruddin Kunjungi Lamaru

Aspirasi

Akademisi di Samarinda Beri Pendapat soal Seruan Judicial Review UU Ciptaker ke MK

Aspirasi

Rangkaian Kegiatan Reses di Dapil Kaltim, Safaruddin Bagikan Sembako untuk Warga Bontang

Aspirasi

Perkuat Sinergitas dan Silaturahmi Komisi III DPR RI dengan Polri, Safaruddin Kunjungi Polda Kaltim

Aspirasi

Safaruddin: Setelah Tuntaskan RUU MK, DPR Bahas RUU Kejaksaan

Aspirasi

Komisi III Kunjungan Kerja ke Polda Kaltim, Safaruddin: Pengamanan Pilkada dan Pencegahan Covid-19 Prioritas