Home / Politik

Wednesday, 9 September 2020 - 08:00 WIB

Dua Daerah di Kaltim Perpanjang Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Mana Saja

Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah saat memberikan keterangan kepada wartawan. (ist)

Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah saat memberikan keterangan kepada wartawan. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Pendaftaran bakal calon kepala daerah sudah ditutup. Namun tidak demikian dengan dua daerah di Benua Etam. Pendaftaran pun diperpanjang. Musababnya adalah, hanya satu pasangan calon yang mendaftar.

Tidak adanya penantang terjadi di Balikpapan dan Kutai Kartanegara (Kukar). Di Balikpapan, hanya pasangan Rahmad Mas’ud-Thohari Azis yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sedangkan di Kukar, hanya Edi Damansyah-Rendi Solihin.

Lantaran hanya satu kandidat saja yang mendaftar untuk ikut pemilihan kepala daerah (pilkada), KPU Kaltim memperpanjang masa pendaftaran bakal pasangan calon di kedua daerah tersebut.

Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah mengatakan, KPU Kukar dan KPU Balikpapan telah membuat keputusan untuk menunda tahapan, program, dan jadwal dalam bentuk surat keputusan (SK). Selanjutnya, mereka akan melakukan sosialisasi perpanjangan masa pendaftaran selama tiga hari.

“Melaksanakan sosialisasi selama tiga hari (pada tanggal) 8, 9, 10 September 2020 tentang perpanjangan pendaftaran,” ujar Rudi, sapaan karibnya.

Setelah tahapan sosialisasi perpanjangan pendaftaran selesai, maka akan dilanjutkan dengan membuka kembali pendaftaran perpanjangan untuk bakal pasangan calon.

“Memperpanjang (membuka pendaftaran kembali) selama tiga hari setelah berakhirnya sosialisasi (pada tanggal) 11, 12, 13 September 2020,” terangnya.

Adapun dasar-dasar perpanjangan pendaftaran yakni :

  1. Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 dengan perubahannya pada PKPU 5/2020, yang mengatur bahwa pendaftaran bakal pasangan calon adalah 4-6 September 2020.
  2. PKPU 3/2017 tentang Pencalonan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PKPU 9/
  3. PKPU 6/2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 sebagaimana telah diubah dengan PKPU 10/
  4. PKPU 14/2015 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan Satu Pasangan Calon sebagaimana diubah dengan PKPU 13/2018, yang mengatur penundaan tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan tahun 2020. (***)
Baca Juga:  Balikpapan Berupaya Tekan Kematian Covid-19, Tingkat Kesembuhan Pasien Capai Target Nasional

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Politik

Musancab dan Pelantikan PAC Digelar, Momen Konsolidasi PDI Perjuangan di Kaltim

Politik

PDI Perjuangan Gelar Survei Internal Pilkada Samarinda, Elektabilitas Andi Harun-Rusmadi Paling Tinggi

Politik

Basri Rase-Najirah Adi Darma Komitmen Wujudkan Bontang Berseri, Wujud Pengabdian untuk Kota Taman

Politik

Dugaan Pelanggaran Kampanye Barkati-Darlis, Ini Langkah Bawaslu Samarinda

Politik

Demi Kutim Makin Maju, Mahyunadi-Kinsu Bakal Wujudkan Pemerintahan yang Baik dan Berbasis Elektronik

Politik

Safaruddin untuk Masyarakat Kaltim: Isra Mikraj Bukti Kuasa dan Kebesaran Allah SWT

Politik

Peringati Hari Pers Nasional, Safaruddin Dorong Media Tetap Jaga Kredibilitas Informasi

Politik

Dugaan ASN Langgar Netralitas di Pilkada, Bawaslu Samarinda Belum Terima Jawaban Inspektorat