Home / Ekobiz

Sunday, 13 September 2020 - 08:00 WIB

Kaderisasi Terus Berjalan, Kader Internal Bank Kaltimtara Melenggang Jadi Direktur Utama

Suasana pelantikan pimpinan baru Bank Kaltimtara yang dipimpin Gubernur Kaltim, Isran Noor. (ist)

Suasana pelantikan pimpinan baru Bank Kaltimtara yang dipimpin Gubernur Kaltim, Isran Noor. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Pucuk pimpinaan di Bank Kaltimtara berganti. Bertempat di kantor Gubernur Kaltim, Jumat (11/9/2020), Muhammad Yamin dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai direktur utama, sementara Bela Barus menjadi komisaris independen.

Yamin merupakan kader internal Bank Kaltimtara. Sementara Bela Barus adalah akademisi Politeknik Negeri Samarinda. Terkait pucuk pimpinan, Bank Kaltimtara berhasil mempertahankan tradisi menciptakan kader internal untuk mengisi direktur utama bank tersebut.

Pelantikan dipimpin langsung Gubernur Kaltim Isran Noor dan dihadiri jajaran Pemprov Kaltim serta Forkominda Kaltim dengan tetap melaksanakan standar protokol kesehatan. Selain itu hadir juga Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie dan beberapa kepala daerah di Kaltim dan Kaltara secara virtual.

Pemimpin Sekretariat Perusahaan PT BPD Kaltim Kaltara, Baharuddin Rivai mengatakan, hal ini menandakan bahwa Bank Kaltimtara telah memiliki sistem kaderisasi yang baik. Selain itu kader internal dianggap lebih memahami kultur dan budaya perusahaan yang sudah tertanam. Sehingga mampu mendorong kinerja tim dengan lebih efektif.

“Seperti kita ketahui bahwa lembaga jasa keuagan dalam hal ini perbankan adalah salah satu lembaga yang memiliki regulasi yang sangat ketat,” katanya.

Sementara Isran Noor mengatakan, bank di daerah harus lebih lincah dan luwes karena dihadapkan oleh regulasi, baik yang ada di tingkat pusat maupun tingkat daerah.

“Sehingga para pemimpin di lembaga perbankan harus memiliki kemampuan lebih dalam menyikapi dan menjalankan opersionalnya,” jelas Isran.

Selain itu persyaratan-persyaratan wajib berupa sertifikasi dan kursus perbankan sebelum menempati sebuah jabatan juga menjadi khas lembaga keuangan. Karena, memang sudah diatur dan diawasi secara ketat oleh regulator.

Dengan diangkatnya Yamin dan Bela Barus, PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara diharapkan bisa lebih maju dan memberi inovasi-inovasi yang terbaik dalam melaksanakan pelayanan dan fungsi intermediasi perbankan kepada masyarakat walaupun di tengah masa pandemi ini.

Baca Juga:  Angka Positif Covid-19 di Balikpapan Melonjak, Kasus Riwayat OTG Menjadi yang Terbanyak

“Kepada seluruh pegawai diharapkan agar selalu kompak dan mendukung kinerja manajemen secara total, agar bank kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara ini dapat menjadi the true regional champion yang kuat kompetitif dan kontributif dalam mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas,” ujar Baharuddin. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Ekobiz

Gegara Operasi Penerapan Disiplin Covid-19, Dua Pusat UMKM Samarinda Ditutup Seminggu

Ekobiz

Enam Karyawan Bukopin Samarinda Terpapar, Layanan Nasabah Dialihkan ke Cabang Lain  

Ekobiz

Kinerja Salah Satu BUMD Belum Memuaskan, Ini Kata Kepala Bapenda Samarinda

Ekobiz

Dana Bagi Hasil Turun, APBD Kaltim Diprediksi Tergeurs Rp 864 Miliar

Ekobiz

Stok Cabai Rawit di Samarinda Menipis Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Imbauan Gubernur Kaltim

Ekobiz

Kendati Tak Memberikan Kontribusi untuk PAD, BUMD di Samarinda Tetap Dapat Kucuran Modal

Ekobiz

Wajib Tahu, Begini Syarat dan Cara Dapat Diskon Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Ekobiz

Kendati Belum Mencapai Kata Final, APBD Kaltim Tahun 2021 Diperkirakan Naik Sebesar Rp 2 Triliun