Home / Politik

Monday, 14 September 2020 - 08:00 WIB

PDI Perjuangan Pemenang Pemilu, Andi Harun: Ini Modal Politik Besar

Pasangan Andi Harun-Rusmadi bersama ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim Drs H Safaruddin (lima dari kiri), sekretaris DPD PDI Perjuangan Kaltim Ananda Emira Moeis (paling kanan), serta pengurus DPC PDI Perjuangan Samarinda. (ist)

Pasangan Andi Harun-Rusmadi bersama ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim Drs H Safaruddin (lima dari kiri), sekretaris DPD PDI Perjuangan Kaltim Ananda Emira Moeis (paling kanan), serta pengurus DPC PDI Perjuangan Samarinda. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Duet Andi Harun-Rusmadi berada dalam optimisme tinggi menatap pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Samarinda. Dukungan penuh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan jadi musababnya.

Ya, pada 2019 lalu sekitar 68 ribu suara dihasilkan PDI Perjuangan pada pemilihan umum legislatif di Kota Tepian. Banteng moncong putih didaulat menjadi pemenang.

Hal itu diyakini jadi modal besar bagi PDI Perjuangan untuk kembali merebut suara dan menjadi pemenang dalam Pilkada Samarinda.

Diketahui, pada pilkada tahun ini, PDI Perjuangan mengusung pasangan Andi Harun-Rusmadi sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Perolehan suara PDI Perjuangan yang tinggi ini juiga disadari Andi Harun.

“Perolehan pemilu yang dihasilkan PDI Perjuangan menjadi salah satu modal politik sangat besar. Hari ini bahu membahu bersama enam partai politik (parpol) lain, dan ini merupakan satu mesin yang sangat besar sekali ditambah lagi inisiatif tumbuh di masyarakat, sehingga sampai kami pada keyakinan pasangan ini insya Allah memenangkan pilkada Desember 2020 mendatang,” ucap Andi Harun.

Ia yakin 100 persen bahwa seluruh pengurus, kader, dan simpatisan PDI Perjuangan berusaha mendukung dirinya semaksimal mungkin. Kedatangannya dalam musyawarah anak cabang (musancab) dan rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) di Samarinda kali ini merupakan langkah konsolidasi partai.

“Sehingga sama sekali hal ini merupakan konsolidasi bagi internal agar kristalisasi pemilih konstituen di akar rumput benar-benar menyatu dan semua terarah memilih calon Andi Harun-Rusmadi,” katanya.

Baginya, PDI Perjuangan punya karakter kuat. “Inilah karakter PDI Perjuangan. Dari dulu itu kalau sudah ambil keputusan, tidak koma lagi, tapi titik,” ujar Andi Harun.

Dia menambahkan, sesuai yang disampaikan ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim, Safaruddin bahwa keputusan PDI Perjuangan ini menyangkut muruah dan martabat partai.

Baca Juga:  Anggota DPR RI Mulai Disuntik Vaksin Covid-19, Safaruddin: Masyarakat Kaltim Tak Perlu Takut

Sebab itu, instruksi ketua umum PDI Perjuangan adalah segala-galanya bagi pengurus dan segenap kader dan simpatisan partai.

“Sehingga penandasan hari ini hanya bersifat pengulangan internalisasi agar kristalisasi pemilih konsituen PDI Perjuangan di akar rumput benar-benar menyatu dan semua terarah kepada Andi Harun-Rusmadi,” ucapnya.

Untuk diketahui beberapa waktu yang lalu saat penyerahan surat keputusan (SK) dukungan PDI Perjuangan kepada bakal pasangan calon Andi Harun-Rusmadi, melalui video conference, ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim Safaruddin, menyampaikan keputusan partai merupakan instruksi wajib yang harus dilaksanakan.

Jika ditemukan ada kader maupun petinggi partai di tingkat kota yang sengaja melanggar, dirinya tak segan-segan akan memberi sanksi tegas.

“Sikap PDI Perjuangan tegak lurus. Siapa yang tidak menjalankan rekomendasi atau keputusan ketua umum PDI Perjuangan akan diberi sanksi. Saya tidak segan-segan PAW-kan jika tidak mematuhi perintah partai, tinggal saya tanda tangani selesai,” tegasnya pada, Kamis (3/9/2020) yang lalu.

Hal ini sejalan dengan isi surat rekomendasi DPP PDI Perjuangan kepada pengurus DPC PDIP Samarinda yang tertuang pada poin 4.

Tertulis, kepada mereka yang tidak mengindahkan instruksi dan melakukan aktivitas di luar dari kebijakan ini, akan diberikan sanksi organisasi. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Politik

Lewat Rantang Kasih, Basri Rase-Najirah Adi Darma Gratiskan Paket Makanan untuk Lansia Tak Mampu di Bontang

Politik

MUI-BPOM Pastikan Vaksin Covid-19 Halal dan Aman, Safaruddin Imbau Masyarakat Tak Cemas Jalani Vaksinasi

Politik

Mahyunadi Silaturahmi dengan Warga Desa Cipta Graha, Didampingi Faisal Rahman Selaku Juru Kampanye

Politik

3.945 Linmas Ikut Amankan Hari Pencoblosan, Dilengkapi Hand Sanitizer dan Pengukur Suhu Tubuh

Politik

Sugiyono Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Samarinda, Wali Kota Ajak Saling Bersinergi Membangun Kota

Politik

Sukseskan Gelaran Pilkada Serentak, Safaruddin Gunakan Hak Suaranya di Balikpapan

Politik

Pilkada Samarinda: PDI Perjuangan All Out Menangkan Andi Harun-Rusmadi

Politik

Ternyata LSI Denny JA dan JIP Resmi Terdaftar di KPU Samarinda, Semua Syaratnya Sudah Terpenuhi