Home / News

Monday, 14 September 2020 - 09:00 WIB

Update Covid-19 di Samarinda, Transmisi Lokal Terjadi di 10 Kecamatan

Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismid Kusasih saat memberikan penjelasan. (ist)

Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismid Kusasih saat memberikan penjelasan. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Kasus Covid-19 di Kota Tepian terus mengalami peningkatan setiap harinya. Update per Minggu (13/9/2020) terjadi penambahan 34 kasus baru, hingga total kasus terkonfirmasi menjadi 1.489 kasus.

Meski begitu, dalam rilis hariannya Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismed Kusasih juga menyebut pasien sembuh turut mengalami penambahan jumlah sebanyak 45 pasien. Total pasien sembuh mencapai 1.038 orang.

Ismed menyebut, hingga saat ini masih ada 393 pasien yang masih menjalani perawatan. Baik di rumah sakit (RS) rujukan maupun melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Pasien yang dirawat akibat Covid-19 di seluruh RS Samarinda, termasuk RS karantina mencapai 138 pasien. Sementara pasien yang melakukan isolasi mandiri belum jumlah 255 orang,” kata Ismed, Minggu sore (13/9/2020).

Tingginya kasus Covid-19 di Samarinda, adalah dampak telah terjadinya transmisi lokal atau penularan lokal. Bahkan terjadi di 10 kecamatan yang ada di ibu kota.

“Jadi harus tahu, bahwa kita ini betul-betul sudah transmisi lokal dan sudah merata di 10 kecamatan Samarinda,” tegasnya.

Kasus kematian akibat Covid-19 juga terus terjadi di Samarinda. Hingga Minggu, sudah 58 pasien terkonfirmasi meninggal dengan gejala medis comorbid berat.

“Ada tiga kematian Covid-19 yang dimakamkan, dua orang dirawat di RS Dirgahayu, satu dari RS Hermina. Kasusnya semua Covid-19 tergolong berat. Masuk rumah sakit melewati UGD hanya tadi malam dan kemarin malam. Semua pneumonia bilateral, sesak, saturasi di bawah 90 persen, dan semua punya comorbid,” jelasnya.

Ismed meyakini kasus Covid-19 akan terus meningkat beberapa waktu ke depan. Pasalnya tracing terus gencar dilakukan. Per harinya Dinas Kesehatan Samarinda melakukan swab lebih kurang 300 orang per hari.

Baca Juga:  Usai Libur Panjang di Balikpapan, Tak Banyak Masyarakat yang Mengikuti Rapid Test Gratis di Puskesmas

“Testing dan tracking kita sangat jalan, sehari 300-an kami menswab. Sehingga penambahan kasus terkonfirmasi keniscayaan, dan bisa kita rawat isolasi mandiri atau rawat di RS karantina,” pungkasnya. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

News

Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan Terus Melandai, Rumah Sakit Mulai Buka Pelayanan Normal

News

2.200 Orang di Balikpapan Sembuh dari Covid-19, Kasus di Samarinda Meroket

News

Puluhan Staf KPU Samarinda Dinyatakan Positif Covid-19, Kaltim Tambah 418 Kasus Baru

News

Ketua DPRD Kaltim Surati Gubernur, Terkait Penolakan Dua Proyek Flyover Rapak dan RSUD AW Sjahranie Samarinda

News

Ujian Nasional Bakal Ditiadakan Mulai Tahun Depan, Begini Respon Disdik Kota Samarinda

News

Staf Kampus Unmul Terpapar, Samarinda Jadi Daerah Terbanyak Kasus Corona

News

Pria 40 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Samarinda, Kondisi Jasadnya Sudah Sangat Memprihatinkan

News

Balikpapan Berupaya Tekan Kematian Covid-19, Tingkat Kesembuhan Pasien Capai Target Nasional