Home / Aspirasi

Wednesday, 16 September 2020 - 08:00 WIB

Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin, Tempat Curhat Rakyat Kaltim ke Wakil Rakyat

Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin di Balikpapan Baru. (Satria Dirgantara/Wayout.id)

Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin di Balikpapan Baru. (Satria Dirgantara/Wayout.id)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki wakil rakyat yang duduk di DPR RI di Jakarta. Salah satunya adalah Drs H Safaruddin.

Pada pemilihan umum (pemilu) lalu, mantan Kapolda Kaltim itu meraup 86.528 suara. Hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat dirinya merupakan sosok pendatang baru di kancah perpolitikan tanah air, khususnya timur Borneo.

Kendati demikian, prestasi dan dedikasinya selama menjabat sebagai Kapolda Kaltim, membuat masyarakat memercayakannya duduk sebagai wakil rakyat.

Alhasil, Safaruddin pun melenggang ke Senayan. Menjadi wakil Benua Etam. Masyarakat pun menaruh harapan besar kepada ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu.

Sebagai wujud komitmen untuk berbakti dan mengabdi kepada masyarakat, pria kelahiran Sengkang, 10 Februari 1960 itupun menyiapkan sarana dan prasarana untuk masyarakat dalam rangka menyampaikan aspirasinya.

Baca Juga: Irjen Pol (Purn) Drs Safaruddin SH, Jenderal Berprestasi Pilihan Rakyat

Alumnus Akpol 1984 itupun membangun Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin yang beralamatkan di Komplek Ruko Balikpapan Baru, Blok AA5 nomor 36, Kelurahan Damai Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin memang disiapkan untuk menampung aspirasi masyarakat. Pasalnya, tidak setiap hari dia berada di Kaltim. Melainkan juga harus berkantor di Jakarta. Memperjuangkan kepentingan rakyat Kaltim di pusat.

“Biasanya, menyerap aspirasi itu saat reses atau kunjungan. Saya tidak mau seperti itu. Maunya, kapanpun masyarakat bisa menyampaikan aspirasi. Kan tidak setiap hari saya di Kaltim. Melainkan juga menjalankan tugas di Jakarta. Makanya, saya siapkan tempatnya. Setiap aspirasi yang masuk, langsung dikirim ke saya. Ada staf yang melayani masyarakat. Kalau saya lagi di Kaltim, saya langsung yang menerima masyarakat,” kata Safaruddin.

Baca Juga:  Rumah Tahanan Polresta Samarinda Jadi TPS Pilkada, Ada 41 Tahanan yang Masuk DPT

Untuk mengenali Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin ini cukup mudah. Berada di kawasan Mall Fantasi, lokasinya berada di pinggir jalan. Lebih mudah dikenali lantaran bangunan itu merupakan satu-satunya yang serba merah.

Dari luar, bangunan dua lantai itu bercorak merah seluruhnya. Antara lantai satu dan dua, terdapat pelang bertuliskan Rumah Aspirasi Drs Safaruddin dengan lambang PDI Perjuangan di bagian kanan. Pintu utamanya berjenis rolling door.

Masuk ke dalam. Ketika rolling door dibuka, langsung dihadapkan pada pintu kaca yang dibingkai kayu. Ketika masuk, kita langsung berada di ruang depan. Hanya terdapat meja receptionist dengan bahan kayu di sebelah kiri. Tampilannya elegan.

Lalu, untuk masuk ke bagian dalam menggunakan pintu di sebelah kanan. Ruangan berikutnya adalah ruang tamu lengkap dengan seperangkat sofa dan meja kaca. Juga dilengkapi dengan air conditioner (AC).

Antara ruang depan dengan ruang tamu, dibatasi oleh dinding berbahan kayu yang tampilannya Instagramable. Dinding pembatas itu memiliki desain futuristik. Kendati demikian, bukan berarti ditutup seluruhnya. Dinding pembatas itu memiliki desain futuristik. Terdapat beberapa rongga berbentuk segi empat. Ada yang berkaca, ada yang tidak.

Ruang tamu pun bisa dilihat dari depan, begitu juga sebaliknya. Sehingga, siapapun yang berkunjung akan dibuat betah.

“Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin ini memang memiliki desain Instagramable. Biar masyarakat yang datang menyampaikan aspirasi bisa nyaman,” kata Safaruddin.

Tidak sekadar ruang tamu, Rumah Aspirasi Drs Safaruddin juga memiliki ruangan lain. Tepat di belakang ruang tamu terdapat ruang rapat. Untuk mencapainya, melalui jalan lorong sebelah kanan.

Ruang rapat itu berdindingkan kaca. Bagian dalamnya bisa dilihat dari luar. Di dalam ruang rapat itu terdapat meja berbentuk persegi panjang berukuran 5 x 2 meter. Lengkap dengan kursinya. Lalu, terdapat papan tulis juga. AC pun tersedia.

Baca Juga:  Safaruddin: Setelah Tuntaskan RUU MK, DPR Bahas RUU Kejaksaan

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin saat menerima warga yang menyampaikan aspirasinya. (Satria Dirgantara/Wayout.id)

Biasanya, ruang rapat itu digunakan Safaruddin untuk menerima kunjungan masyarakat dalam jumlah besar. Selain itu juga digunakan untuk rapat dan petemuan.

Safaruddin mengungkapkan, kegiatan menyerap aspirasi memang menjadi rutinitas dirinya. Dengan begitu, lanjutnya, dia tahu apa yang dibutuhkan oleh rakyat. Berlatar belakang intelijen membuatnya haus akan informasi.

Kendati sudah pensiun dari Korps Bhayangkara, namun kebiasaannya untuk mengumpulkan informasi tidak bisa ditinggalkan. Kali ini, informasi yang dihimpun lebih spesifik pada aspirasi masyarakat.

“Selain silaturahmi, serap aspirasi juga dilakukan untuk mendengar persoalan dan informasi dari masyarakat. Dengan demikian, kita tahu apa yang dibutuhkan masyarakat,” tutupnya.

Anggota Komisi III DPR RI itu menambahkan, keberadaan Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin menjadi jembatan antara dirinya dengan warga. Di sana, warga dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung. Di mana, juga ada staf yang akan mencatat dan menampung aspirasi tersebut.

“Seluruh aspirasi yang diterima, akan langsung disampaikan ke saya. Khususnya yang menyangkut persoalan hukum, pelayanan aparat, ketidakadilan hukum, serta masalah sosial kemasyarakatan lainnya. Silakan sampaikan aspirasi Anda di Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin,” tutupnya. (***)

Reporter: Satria Dirgantara

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Aspirasi

Akademisi di Samarinda Beri Pendapat soal Seruan Judicial Review UU Ciptaker ke MK

Aspirasi

Agustus Telah Berakhir, RUU IKN Masih Belum Dibahas di DPR RI

Aspirasi

Komisi III Kunjungan Kerja ke Polda Kaltim, Safaruddin: Pengamanan Pilkada dan Pencegahan Covid-19 Prioritas

Aspirasi

Safaruddin Gelar Reses di Kecamatan Samboja, Warga Curhat soal Jalan hingga Tiang Listrik

Aspirasi

Kembali Turun ke Jalan, Mahasiswa Desak Gubernur Kaltim Tanda Tangan Tolak UU Cipta Kerja

Aspirasi

Soal Rencana Pembelajaran Tatap Muka, Anggota DPRD Samarinda Mendukung dengan Syarat

Aspirasi

Warga Curhat soal Pandemi hingga Sembako, Safaruddin: Insya Allah Kita Bantu dan Perjuangkan

Aspirasi

Demo Tolak Omnibus Law Berlanjut di Samarinda Diwarnai Aksi Bakar Ban, Polisi Tutup Akses Jalan