Home / News

Thursday, 17 September 2020 - 07:00 WIB

Akhir Pekan Ini di Balikpapan, Rapid Test Massal Ibu Hamil di Seluruh Puskesmas

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Meski terjadi penurunan kasus dalam dua minggu terakhir, namun penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan tetap perlu diwaspadai. Terbaru, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan menemukan klaster di lingkungan permukiman.

Kasus tersebut ditemukan di RT 20 Kelurahan Manggar. Di mana terdapat enam orang terkonfirmasi positif. Sebelumnya juga ditemukan tiga kasus meninggal dunia di wilayah tersebut.

“Kami menyarankan agar warga yang terkonfirmasi positif ini melakukan isolasi mandiri di Emberkasi Haji karena memiliki riwayat tanpa gejala. Sehingga penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar dapat terputus,” ungkap Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan saat jumpa pers, Rabu (16/9/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty menargetkan rapid test massal bagi wanita hamil dilakukan pada akhir pekan ini.  Rapid test akan ditujukan bagi wanita hamil yang usia kandunganya dua pekan sebelum tanggal perkiraan kelahiran.

“Besok (hari ini, Red.) kita mulai distribusikan alat rapid test untuk seluruh puskesmas, kita perkiraan pada Sabtu nanti sudah bisa menggelar rapid test massal,” ungkap Juliarty.

Sebagai informasi, wanita hamil yang terkonfirmasi positif menjadi perhatian dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Balikpapan. Sejauh ini sudah 14 wanita hamil yang terkonfirmasi positif.

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga sudah berkoordinasi dengan rumah sakit maupun fasilitas kesehatan untuk dapat melakukan adaptasi pelayanan dengan menyediakan ruang persalinan khusus bagi wanita hamil yang terkonfirmasi Covid-19.

Di sela konferesi pers, Pemerintah Kota Balikpapan juga menyalurkan bantuan masker dari Kementerian Kesehatan yang dikhususkan kepada ibu hamil, balita, dan remaja di Kota Balikpapan. Dengan rincian bantuan masing-masing balita 972 buah, ibu hamil 1.869 buah, dan remaja 1.000 buah.

Baca Juga:  Warga Binaan Rutan Klas IIA Samarinda Meninggal Dunia, Status Probable Covid-19

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan melaporkan terdapat pertambahan terkonfirmasi positif 44 kasus, 35 selesai isolasi, dan 2 kasus meninggal dunia dengan terkonfirmasi positif Covid-19. (***)

Reporter: Satria Dirgantara

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

News

394 Orang Terpapar Covid-19 pada Akhir Pekan, Tujuh Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

News

Pernah Dikunjungi Ma’ruf Amin hingga Sandiaga Uno, Habib Ja’far Al-Kaff Meninggal di Samarinda

News

109 Dokter Meninggal Akibat Covid-19, Tiga di Antaranya dari Kaltim

News

Terpaparnya Zairin Zain Masih Simpang Siur, Pemancingan Umum Loa Bakung Diduga Jadi Tempat Karantina

News

Operasi Zebra Mahakam Digelar di Samarinda, Siap-siap Kena Tilang Jika Lakukan Tujuh Pelanggaran Ini

News

Tes Swab Mandiri, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Positif Terpapar Covid-19

News

Karena Tidak Masuk Daerah Prioritas, Kaltim Baru Kebagian Jatah Vaksin Covid-19 Tahun Depan

News

Gawat, Persentase Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Kaltim Kalahkan Nasional