Home / Ekobiz

Friday, 18 September 2020 - 06:00 WIB

Lindungi Petani dari Dampak Perubahan Iklim dan Cuaca, Mandiri AXA Gandeng AXA Climate dan YASI

Mandiri AXA, AXA Climate, dan YASI Partnership Parametric Insurance. (ist)

Mandiri AXA, AXA Climate, dan YASI Partnership Parametric Insurance. (ist)

WAYOUT.ID, JAKARTA – Sebagai langkah konkrit AXA untuk melindungi petani di Indonesia terhadap risiko gagal panen yang disebabkan oleh perubahan iklim, Mandiri AXA General Insurance (MAGI), sebagai perusahaan asuransi umum AXA di Indonesia, bersama dengan AXA Climate, menghadirkan solusi parametric insurance di Indonesia.

AXA Climate adalah entitas khusus yang dibentuk oleh AXA Group untuk memberikan solusi perlindungan terkait dampak perubahan iklim di berbagai negara di dunia. AXA Climate memberikan perlindungan langsung kepada komunitas yang paling terpengaruh dampak perubahan iklim, salah satunya adalah para petani.

“AXA Climate yang memfokuskan diri pada Asuransi Parametrik adalah bukti nyata komitmen AXA Group untuk memberikan solusi terhadap perubahan iklim di seluruh dunia. Di Indonesia, AXA Climate bekerja sama PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) untuk memperkenalkan perlindungan ini kepada masyarakat Indonesia,” papar Antoine Denoix, CEO AXA Climate.

Dalam memberikan perlindungan secara lebih merata dan meluas kepada petani di Indonesia, Mandiri AXA dan AXA Climate bekerja sama dengan Yayasan Agri Sustineri Indonesia (YASI) melalui Program Dana Pertanian Aman dan Berkelanjutan (Dana Pandan). Program Dana Pandan merupakan sebuah solusi pengelolaan risiko komprehensif yang bertujuan untuk membantu petani dalam menghadapi tantangan utama dalam kegiatan usaha budidaya. Salah satu komponen penting dari Program Dana Pandan adalah penyediaan Asuransi Indeks Cuaca (Asuransi Parametrik).

Indikator yang digunakan Asuransi Parametrik dari Mandiri AXA dan AXA Climate dalam program Dana Pandan ini adalah tingkat presipitasi (curah hujan) sebagai indeks dari tingkat pertumbuhan tanaman yang berakibat risiko penurunan hasil produksi ataupun peningkatan biaya produksi. Program ini melindungi petani terhadap tekanan finansial karena dampak anomali curah hujan.

Baca Juga:  RPP Minerba Atur IUP Bisa Dipindahtangankan, Koalisi #BersihkanIndonesia Sebut Adanya Potensi Rente Baru

“Asuransi Parametrik merupakan solusi inovatif yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang berkaitan erat dengan aktivitas pertanian dan risiko finansial akibat perubahan cuaca serta iklim. Ketika indeks cuaca yang tercatat mencapai batas yang disepakati, Mandiri AXA akan memberikan ganti rugi secara langsung kepada petani tanpa menunggu adanya inspeksi terhadap kondisi fisik tanaman. Asuransi ini bersifat lebih objektif dan dapat memberikan ganti rugi secara cepat bagi petani.” jelas Enny, CEO Mandiri AXA.

Indonesia adalah negara pertanian dan salah satu negara yang menjadi fokus dari AXA Group, karena itu AXA Climate bersama dengan Mandiri AXA, anak usaha AXA di bidang asuransi umum di Indonesia, memperkenalkan Asuransi Parametrik.

“Menyusul keberhasilan penerapan Asuransi Parametrik di berbagai negara seperti Peru, Brazil, Taiwan, Filipina, Myanmar hingga Meksiko, kami optimis bahwa ini adalah solusi yang tepat bagi pertanian dan perkebunan di Indonesia,” jelas Julien Steimer, Country CEO AXA Indonesia dan Presiden Komisaris Mandiri AXA.

Implementasi program yang dilakukan antara Mandiri AXA, AXA Climate, dan YASI ini telah dimulai di beberapa kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Timur sejak awal musim tanam tahun ini untuk pelaku usaha pertanian padi. Diharapkan program ini akan berkembang dan membuka akses bagi puluhan ribu bahkan ratusan ribu petani dalam beberapa tahun mendatang di seluruh Jawa dan luar Jawa melalui produk-produk asuransi tanaman pangan maupun hortikultura baru, jenis produk Asuransi Parametrik baru serta jenis saluran distribusi lainnya.

“Melihat komitmen MAGI dalam menyajikan berbagai solusi perlindungan kepada masyarakat Indonesia khususnya pengembangan Asuransi Parametrik menjadikan YASI yakin memilih Mandiri AXA sebagai partner asuransi di program Dana Pandan. Bersama MAGI dan AXA Climate serta melihat luasnya jangkauan Mandiri AXA, kami yakin hal ini menjadi manfaat lebih bagi para petani untuk menjawab tantangan dan risiko yang dihadapi dalam pengembangan sektor pertanian di Indonesia saat ini,” ungkap Teddy Tambu, ketua YASI.

Baca Juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru, Disperindagkop-UKM Kaltim Pantau Barang Pokok Via Aplikasi

Program ini merupakan bukti komitmen Mandiri AXA untuk senantiasa menjadi mitra utama dalam penyediaan solusi perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia serta mengukuhkan tujuan Mandiri AXA untuk menjadi perusahaan asuransi umum yang paling inovatif dan memberi kemudahan dalam berbisnis di Indonesia.

“Menindaklanjuti pertemuan yang dilangsungkan oleh Denis Duverne, Chariman AXA Group, dengan para mitra bisnis dalam kunjungannya ke Indonesia beberapa waktu lalu, program ini membuktikan komitmen AXA untuk menjadi mitra terbaik dalam memberikan solusi perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui berbagai inovasi dan kemudahan,” tutup Julien Steimer. (***)

 

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Ekobiz

Kendati Tak Memberikan Kontribusi untuk PAD, BUMD di Samarinda Tetap Dapat Kucuran Modal

Ekobiz

Usaha Kuliner di Citra Niaga dan Tepian Mahakam Lumpuh, Take Away Juga Dilarang

Ekobiz

Jelang Natal dan Tahun Baru, Disperindagkop-UKM Kaltim Pantau Barang Pokok Via Aplikasi

Ekobiz

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Sulit Diterawang, Kok Bisa Begitu Ya?

Ekobiz

RPP Minerba Atur IUP Bisa Dipindahtangankan, Koalisi #BersihkanIndonesia Sebut Adanya Potensi Rente Baru

Ekobiz

Turun Sekitar Rp 3 Triliun, Segini Target Pendapatan Kaltim di APBDP 2020

Ekobiz

Ekonomi Kaltim Perlahan Mulai Membaik, Triwulan III 2020 Alami Pertumbuhan hingga 2,39 Persen

Ekobiz

Kedai di Citra Niaga dan Tepian Mahakam Dipersilakan Beraktivitas, Asalkan….