Home / Aspirasi

Sunday, 20 September 2020 - 06:00 WIB

Kaltim Berstatus Zona Merah, Safaruddin: Waspada Penyebaran Covid-19 di Lapas dan Rutan

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin. (Satria Dirgantara/Wayout.id)

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin. (Satria Dirgantara/Wayout.id)

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Padatnya jumlah penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Benua Etam mendapat perhatian khusus dari wakil rakyat di Senayan. Pasalnya, hingga saat ini pandemi Covid-19 belum berlalu. Warga binaan pun terancam virus yang belum ada obatnya itu.

Saat ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur (Kanwil Kemenkumham Kaltim) membawahi 13 satuan kerja (satker). Rinciannya adalah sebelas lapas dan rutan yang berada di Kaltim, serta dua di Kalimantan Utara (Kaltara).

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim, Drs H Safaruddin mengatakan, lantaran penghuninya padat menyebabkan warga binaan sangat rentan terserang virus beralias corona itu. Untuk itulah dia mendorong agar seluruh kepala lapas dan rutan untuk serius dalam menerapkan protokol kesehatan.

Apalagi, lanjut dia, Kaltim berstatus zona merah. Penyebaran Covid-19 Bumi Mulawarman begitu tinggi. Jika virus itu sampai masuk ke area lapas dan rutan, dia khawatir nantinya akan terjadi penyebaran yang begitu cepat. Pasalnya, area itu merupakan kawasan padat.

“Lapas dan rutan ini adalah area padat penduduk. Memiliki warga binaan yang banyak. Penerapan protokol kesehatan harus dilakukan dengan sangat serius. Karena jika satu saja warga binaan terpapar Covid-19, dikhawatirkan akan cepat menyebar,” kata anggota Komisi III DPR RI ini.

Tak hanya wajib menerapkan protokol kesehatan, pengecekan kondisi kesehatan petugas dan warga binaan juga harus dilakukan secara intensif. Menurutnya, hal ini harus dilakukan agar pihak lapas dan rutan bisa segera melakukan antisipasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam.

“Kalau memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hingga menjaga kebersihan itu adalah suatu kewajiban dalam rangka mematuhi protokol kesehatan. Namun pengecekan kondisi kesehatan secara rutin juga tidak kalah pentingnya. Harus dilakukan,” tegas mantan Kapolda Kaltim itu.

Baca Juga:  Safaruddin Gelar Reses di Kaltim, Masyarakat Balikpapan Utara Sampaikan Berbagai Aspirasi

Tak hanya itu, Safaruddin juga mengimbau agar setiap lapas dan rutan memperketat pengawasan terhadap masyarakat yang menjenguk warga binaan. Standar pemberlakuan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah juga harus diterapkan secara maksimal.

“Apalagi, mereka (petugas dan warga binaan, Red.) juga kerap berinteraksi dengan masyarakat luar. Makanya, harus diawasi betul-betul masyarakat yang menjenguk. Jangan sampai kecolongan. Karena kalau ada yang terpapar, nanti malah muncul klaster baru,” tutup ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu. (***)

Reporter: Satria Dirgantara

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Aspirasi

Sambangi Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin, Ini Harapan Suara Pemuda Balikpapan

Aspirasi

Safaruddin: Cegah Penyebaran Covid-19, Patuhi Protokol Kesehatan dengan 3M

Aspirasi

Usai Terima Aspirasi Terkait Imbas Covid-19, Safaruddin Bagikan Sembako ke Masyarakat

Aspirasi

Tim TAPD dan Banggar Bertemu, Dua Megaproyek Usulan Pemprov Kaltim Masuk APBD 2021

Aspirasi

Koalisi #BersihkanIndonesia Desak Dokumen Kontrak PKP2B Dibuka ke Publik

Aspirasi

Akademisi di Samarinda Beri Pendapat soal Seruan Judicial Review UU Ciptaker ke MK

Aspirasi

Rumah Aspirasi Drs H Safaruddin, Tempat Curhat Rakyat Kaltim ke Wakil Rakyat

Aspirasi

Silaturahmi dengan Warga Sulawesi, Safaruddin Malah Diminta Pimpin Kaltim