Home / Teknologi

Sunday, 20 September 2020 - 06:00 WIB

Snapdragon 875 Diyakini Bakal Libas A14 Bionic di iPhone 12, Berikut Alasannya

Tampilan chipset Qualcomm Snapdragon 875. (ist)

Tampilan chipset Qualcomm Snapdragon 875. (ist)

WAYOUT.ID, JAKARTA – Selama ini Snapdragon series 8 belum mampu mengungguli chipset Apple. Tapi keadaan berubah, Snapdragon 875 bakal mampu melibas A14 Bionic yang menjadi otak iPhone 12.

Chip A14 Bionic memulai debutnya saat iPad Air 4 diluncurkan. Apple menyebut silikon barunya itu menawarkan peningkatan kinerja hingga 40 persen dari A12 Bionic. Tapi mereka tidak menyebutkan perbandingan dengan A13 Bionic yang dipakai di iPhone 11 series.

Dari sana banyak yang memperkirakan kinerjanya tidak terlalu bagus. Karena kemungkinan peningkatan dari pendahulunya tidak begitu signifikan.

Itulah sebabnya banyak yang meyakini Snapdragon 875 mampu mengalahkan A14 Bionic, salah satunya tipster Ice Universe. “Snapdragon 875 memiliki peluang besar untuk mengalahkan A14 Bionic tahun ini,” ujarnya di akun Twitternya.

Keyakinan itu mengacu pada sejumlah informasi yang telah terkuak sebelumnya. Snapdragon 875 akan diproduksi dengan proses 5 nm, sama seperti A14 Bionic.

Snapdragon 875 turut dikabarkan memiliki peningkatan kinerja 30 persen berkat penggunaan Cortex-X1 Super Core. Kedengarannya memang menjanjikan, namun masih terlalu dini untuk mengomentari hasil kinerja karena toh chipset anyar Qualcomm itu belum benar-benar beraksi di ponsel.

iPhone 12 sendiri baru akan melenggang Oktober mendatang. Sementara ponsel pertama yang ditenagai Snapdragon 875 kemungkinan melenggang awal tahun 2021.

Satu-satunya kabar yang pasti adalah Snapdragon 875 tidak diproduksi oleh TSMC seperti dua pendahulunya. Sebagai gantinya, Samsung disebut bakal memproduksi chipset tersebut. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini sebelumnya pernah dipercaya Qualcomm memproduksi Snapdragon 835 dan 845 dengan proses 10nm. (***)

Reporter: Aulia Maulana Jaya

Editor: Guntur Marchista Sunan

Share :

Baca Juga

Teknologi

Bocah Sembilan Tahun Asal Malaysia Berhasil Menangkan Kompetisi Desain Toilet untuk NASA

Teknologi

Seri Terbaru Resmi Meluncur, Yuk Intip Spesifikasi serta Harga Vivo V20 dan V20 SE

Teknologi

Samsung Hadirkan Galaxy Z Fold2, Yuk Intip Tampilan dan Spesifikasinya

Teknologi

Informasi Hoaks di Kaltim Makin Marak saat Pilkada, Safaruddin Ajak Masyarakat Cerdas Bermedia Sosial

Teknologi

Mulai 1 Oktober, 12 Perusahaan Digital Ini Wajib Pungut Pajak ke Konsumen

Teknologi

Punya Spek Mumpuni dengan Harga Terjangkau, CEO Xiaomi Sedih Smartphone-nya Dianggap Murahan

Teknologi

Fitur Baru WhatsApp yang Bikin Handphone Anda Enggak Lemot Lagi, Begini Caranya Pengaturannya

Teknologi

Kontainer Otomatis Membuat Pertanian Perkotaan Organik Menjadi Layak