Home / News

Wednesday, 23 September 2020 - 08:00 WIB

Puluhan Pekerja Lepas Pantai Pertamina Terpapar Covid-19, Lokasi Di-lockdown  

Achmad Agus Miftakhurrohman. (ist)

Achmad Agus Miftakhurrohman. (ist)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Tracing terhadap pekerja lepas pantai Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) terus dilakukan dari tim Satgas Covid-19 Balikpapan.

Terbaru, ditemukan ada 55 kasus baru dari klaster tersebut. Sebelumnya, terdapat 100 orang dari klaster ini yang telah menjalani swab test.

“Masuk dalam data Balikpapan ada 55 kasus, BPN 2.739 hingga BPN 2.793,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Selasa (22/9/2020).

Ada puluhan pekerja yang masuk kategori positif Covid-19 itu direspon General Manager PHKT, Achmad Agus Miftakhurrohman.

Achmad Agus menyampaikan, dengan ditemukannya kasus baru dari pekerja lepas pantai ini, pihaknya langsung melakukan karantina terhadap pekerja yang terkonfirmasi dan menggantinya dengan pekerja yang baru.

“Terkait operasi kilang di lepas pantai, kami langsung mengganti seluruh kru di lapangan dengan kru yang baru, kami juga lakukan disinfektan secara terus-menerus,” katanya.

Pihaknya juga melakukan pengetatan keluar-masuk lokasi kerja agar tidak menyebarkan virus asal Wuhan tersebut ke pekerja atau kru lainnya.

“Kami juga me-lockdown lokasi, selama bekerja tidak boleh keluar dari lokasi, sehingga tidak ada juga yang masuk ke lokasi ini,” ujarnya.

Achmad Agus menambahkan, pihaknya akan berkomitmen dalam memastikan operasi migas tetap berjalan dengan selamat, efektif, dan efisien dalam masa pandemi ini.

“Kami senantiasa melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah dan pihak yang berwenang tentang upaya-upaya perusahaan dan langkah-langkah kolaborasi yang bisa dilakukan agar operasi migas kami dapat berjalan normal,” katanya.

Dalam langkah lanjutan, PHKT akan lakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah dan instansi yang berwenang.

“Koordinasi dilakukan secara berkala dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan baik yang secara virtual maupun dengan bertemu langsung,” katanya.

Baca Juga:  Pewarta Korban Dugaan Aksi Represif Polisi Lapor ke Polresta Samarinda

Berkenaan dengan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan, kata dia, PHKT terus berkoordinasi dengan SKK Migas Kalsul, Dinas Kesehatan Balikpapan, dan Wali Kota Balikpapan selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Balikpapan. (***)

 

Reporter: Satria Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Pasien Terpapar Covid-19 di Kaltim Sudah Tembus 19 Ribuan, Samarinda dan Kutim Tertinggi

News

Banjir Rob Diprediksi Ancam Beberapa Daerah di Kaltim, Curah Hujan yang Tinggi Jadi Penyebabnya

News

Bupati Kubar Dinyatakan Terpapar Covid-19, Kini Dirawat di RSUD A Wahab Syahranie Samarinda

News

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Petugas Bandara APT Pranoto Samarinda Jalan Tes Swab Massal

News

Ketua DPRD Kaltim Surati Gubernur, Terkait Penolakan Dua Proyek Flyover Rapak dan RSUD AW Sjahranie Samarinda

News

Pemberlakukan Jam Malam Bisa Lebih Cepat, Ini Alasan Wali Kota Balikpapan

News

2.200 Orang di Balikpapan Sembuh dari Covid-19, Kasus di Samarinda Meroket

News

Meninggal Akibat Covid-19 Dapat Dana Bantuan, Segini Nilainya