Home / Politik

Thursday, 8 October 2020 - 06:00 WIB

Dugaan Pelanggaran Kampanye Barkati-Darlis, Ini Langkah Bawaslu Samarinda

Pasangan M Barkati dan Darlis Pattalongi. (ist)

Pasangan M Barkati dan Darlis Pattalongi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda kembali melanjutkan pembahasan terkait dugaan pelanggaran kampanye di luar jadwal yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, yang melibatkan pasangan calon nomor urut satu, Muhammad Barkati dan Darlis Pattalongi, Rabu (7/10/2020).

Komisioner Bawaslu Samarinda, Imam Susanto mengatakan, dalam dugaan kasus pelanggaran ini pihaknya akan tetap menggunakan kompilasi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada), pasal 187 dalam dugaan pelanggaran zona kampanye.

“Itu tentang unsur setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye di luar jadwal dan waktu yang ditetapkan KPU,” terangnya.

Dalam pasal 187 itu pula disebutkan bahwa pelanggar terancam sanksi berupa denda senilai Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta dan atau kurungan penjara paling singkat 15 hari dan paling lama tiga bulan.

Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), dikatakan Imam, masih membahas apakah dugaan tersebut akan ditingkatkan ke proses penyelidikan atau dihentikan seutuhnya. “Ini masih fokus pemenuhan unsur, karena dari kejaksaan harus lengkap,” katanya.

Jika kemudian tiga lembaga yang tergabung dalam Gakkumdu, yakni Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan bersepakat lanjut ke proses hukum selanjutnya, maka pihaknya akan secara resmi melaporkan dugaan ini ke pihak kepolisian, untuk mengetahui proses hukum selanjutnya.

“Artinya Bawaslu secara resmi akan menyampaikan laporan dugaan pelanggaran ini ke kepolisian. Nanti baru kita ketahui, apakah dugaan ini naik ke proses penyidikan atau enggak,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kota Samarinda pada hari, Kamis (1/10/2020) memanggil pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, M Barkati-Darlis Pattalongi untuk dimintai keterangan atas dugaan kampanye yang tidak sesuai jadwal di Kecamatan Samarinda Seberang belum lama ini.

Baca Juga:  Merasa Diserang Black Campaign, Kuasa Hukum Andi Harun Laporkan “Berita Asyik” ke Polisi

Kepada awak media, Barkati menyebut bahwa acara yang ia hadiri di Kecamatan Samarinda Seberang, merupakan undangan dari salah satu kolegannya yang telah lama ia kenal.

“Masa saya diundang tidak hadir. Jadi siapapun yang menyampaikan undangan, saya pastikan selalu hadir. Memang dari dulu begitu,” ujar Barkati. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Didukung Partai Berkarya di Pilkada Samarinda, Andi Harun: Vitamin Politik Luar Biasa

Politik

Warga Desa Sandaran Inginkan Jalan Mulus, Mahyunadi-Kinsu Pastikan Infrastrukur Terpenuhi

Politik

Layani Warga dengan Cepat, Basri Rase-Najirah Adi Darma Siapkan Bontang Siaga lewat Emergency Call

Politik

PDI Perjuangan Back Up Penuh Mahyunadi-Kinsu, Safaruddin: Kutim Semakin Maju, Semakin Sejahtera

Politik

Datangi Bawaslu Kutai Timur, Serahkan Bukti KTP Ganda hingga SK Pergantian Kepala Disdukcapil

Politik

Muhammad Samsun Hadiri Acara Pengantar Tugas Kapolda Kaltim

Politik

Dipanggil Bawaslu, Calon Wali Kota Samarinda: Masa Diundang Orang Enggak Hadir

Politik

Gerindra Usung Nama-Nama Ini untuk Pilkada di Kaltim, Siapa Saja?