Home / News

Thursday, 15 October 2020 - 06:00 WIB

Kabar Zairin Zain Terkonfirmasi Covid-19 Masih Simpang Siur, Ini Kata Camat Samarinda Ulu

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Kabar calon Wali Kota Samarinda, Zairin Zain terkonfirmasi positif Covid-19 masih simpang siur. Kendati sudah tidak terlihat di berbagai aktivitas, belum ada pihak yang membenarkan.

Sebelumnya, tim redaksi mengonfirmasi ketua RT 17, Kelurahan Air Hitam. Dari Ketua RT kemudian diarahkan kepada Camat Samarinda Ulu. Sesuai keterangan Dinas Kesehatan Samarinda, data pasien Covid-19 per kecamatan diserahkan kepada camat setempat.

Dikonfirmasi terkait apakah ada nama Zairin Zain pada daftar nama pasien Covid-19, Camat Samarinda Ulu, Muhammad Fahmi mengaku, tidak ada terkait status Zairin Zain diduga terkonfirmasi Covid-19.

“Saya sejauh ini tidak ada laporan dari dr Osa (Dinas Kesehatan Samarinda), dari mana-mana, tidak ada yang menyampaikan Pak Zairin itu Covid-19 atau tidak,” kata Fahmi, Rabu (14/10/2020).

Fahmi mengaku dirinya telah banyak menerima pertanyaan dari berbagai pihak terkait kabar Zairin terkonfirmasi positif. Namun dirinya maupun Lurah Air Hitam belum mengetahui kepastian kabar tersebut.

“Saya memang banyak dapat pertanyaan, apakah Pak Zairin Covid-19. Saya jujur saja belum tahu pastinya. Silakan tanya saja dokternya, ajudannya, atau timses-nya,” jelasnya.

Selama ini dirinya diketahui memegang daftar pasien Covid-19 yang dirawat di Samarinda Ulu. Namun didaftar tersebut tidak ada nama Zairin Zain.

Fahmi menyebut tidak masuknya nama Zairin, bisa dikarenakan memang tidak terdaftar di kecamatannya, namun di kecamatan lain. Dirinya mengungkap Zairin memiliki banyak rumah tersebar di beberapa kecamatan. Tak menutup kemungkinan nama zairin ada di daftar kecamatan lain.

“Pak Zairin Zain itu kan rumahnya banyak juga, di Samarinda Ulu ada, di Loa Bakung ada,” tandasnya.

Selain itu, kemungkinan lain bahwa nama Zairin Zain memang dirahasiakan. Nama pasien Covid-19 dapat dirahasiakan dengan alasan privasi dan menjadi permintaan pasien bersangkutan.

Baca Juga:  Pemberlakukan Jam Malam Bisa Lebih Cepat, Ini Alasan Wali Kota Balikpapan

“Ada juga memang kerahasiaan yang tidak disampaikan, itu kalau ada permintaan dari yang bersangkutan (pasien),” tutupnya.

Dinas Kesehatan Samarinda Enggan Berkomentar

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismed Kusasih kembali enggan berkomentar saat dikonfirmasi terkait kebenaran Zairin Zain terkonfirmasi positif Covid-19.

Bahkan ketika ditanya, baik data RT maupun pihak kecamatan tidak terdapat nama Zairin Zain, Ismed kembali meminta awak media mengonfirmsi yang bersangkutan.

“Konfirmasi langsung yang bersangkutan ya,” jawabnya singkat. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Kilometer 13 dan Lamaru Dijaga Ketat, Masuk ke Balikpapan Wajib Jalani Rapid Test Antigen secara Acak

News

Pegawai Terpapar Covid-19 Hadiri Rapat Dewan, Kepala Bappeda Kaltim: Empat Orang Positif

News

Berhasil Keluar dari Zona Merah, Balikpapan Terapkan PPKM Jilid 2 dengan Berbagai Relaksasi

News

Wabah Corona Belum Mereda, Terapkan Jam Malam di Balikpapan

News

Dilarang Berkunjung ke Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Ada Apa Ya?

News

Tiga Kecamatan di Samarinda Zona Merah, Total Kasus Meninggal Terpapar Covid-19 Kini 804 Kasus

News

Distribusi Vaksin Covid-19 Ditentukan oleh Pemerintah Pusat, Pemprov Kaltim Belum Dapat Kejelasan

News

Kluster Perusahaan Masih Mendominasi di Balikpapan, Pemerintah Bentuk Satgas Terpadu