Home / Politik

Thursday, 22 October 2020 - 06:00 WIB

Warga Desa Long Segar Sambut Kedatangan Mahyunadi-Kinsu, Berharap Agar Kutim Makin Maju

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutim, H Mahyunadi SE MSi dan H Lulu Kinsu saat mengunjungi Desa Long Segar, Kecamatan Telen. (ist)

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutim, H Mahyunadi SE MSi dan H Lulu Kinsu saat mengunjungi Desa Long Segar, Kecamatan Telen. (ist)

WAYOUT.ID, SANGATTA – Kedatangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), H Mahyunadi SE MSi dan H Lulu Kinsu, di manapun, selalu mendapat sambutan meriah. Tak terkecuali di Desa Long Segar, Kecamatan Telen, Selasa (20/10/2020).

Menggelar silaturahmi dengan masyarakat Dayak, calon nomor urut satu ini didampingi langsung ketua Dewan Adat Dayak Kaltim yang juga anggota DPD RI, Zainal Arifin.  Dukungan dan harapan agar Kutim makin maju disematkan di pundak Mahyunadi-Kinsu.

“Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata,” ucap Zainal, membuka acara. Kalimat pembuka yang disampaikan Zainal adalah tiga pilar pedoman hidup masyarakat Dayak yang memiliki makna, adil kepada sesama manusia, bercermin ke surga, napas hidup itu berasal dari Tuhan.

“Arus, arus, arus (harus, harus, harus),” balas warga Dayak Desa Long Segar yang hadir dalam pertemuan itu. Salam ini juga menjadi ciri khas kebudayaan dari saudara-saudara kita masyarakat Dayak.

Mahyunadi-Kinsu yang hadir pun terharu dengan dukungan masyarakat Desa Long Segar. Menurut Mahyunadi, Kutim menjadi miniatur dari keberagaman bangsa, suku, ras, agama, dan kebudayaan Indonesia. Hampir semua suku dan kebudayaan ada di daerah ini.

“Mulai dari suku Dayak, Kutai, Banjar, Bugis, Jawa, dan suku-suku lainnya ada di Kutim. Ini menjadi sebuah warna tersendiri yang harus sama-sama kita jaga dan rawat,” kata ketua DPRD Kutim 2014-2019 itu.

Mayunadi menegaskan, dia bersama H Kinsu berkomitmen untuk merealisasikan visinya, yaitu “Terwujudnya Kabupaten Kutai Timur yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera Berlandaskan Gotong Royong”. Di mana, visi tersebut dituangkan dalam misi dan program kerja yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

Di bidang infrastruktur, Mahyunadi-Kinsu akan melakukan penambahan ruas dan peningkatan kualitas jalan, penyelesaian pelabuhan laut Sangatta dan pembangunan bandara, elektrifikasi listrik di semua desa, dan sambungan instalasi PDAM di semua desa.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Petugas Bandara APT Pranoto Samarinda Jalan Tes Swab Massal

“Konsentrasi kami adalah di bidang infrastruktur. Jalan akan kami perbaiki, sehingga konektivitas antardaerah, antarkecamatan, dan antardesa dapat tersambung. Begitu juga dengan penerangan dan pasokan air menjadi prioritas kami. Sehingga semua masyarakat Kutim bisa merasakan pembangunan, tanpa terkecuali,” kata Mahyunadi.

Sementara H Kinsu menambahkan, untuk mendongkrak ekonomi, Mahyunadi-Kinsu berkomitmen untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat dengan mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM), koperasi, agribisnis, dan agroindustri.

“Tentunya, kami akan memberikan kemudahan kredit modal usaha UMKM, dan pengembangan koperasi. Selain itu juga bantuan saprodi pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Dan, yang paling penting adalah peningkatan nilai tambah hasil produksi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan,” kata pengusaha sukses itu.

Di samping itu, kata dia, Mahyunadi-Kinsu juga akan memastikan penyerapan tenaga kerja lokal di semua industri, baik pertambangan, migas, CPO, dan turunannya. Pengembangan pariwisata dan budaya lokal akan dilakukan. Serta, mengembangkan program desa mandiri dan sejahtera.

“Sehingga, tidak ada lagi anak-anak kita yang tidak bekerja. Tidak hanya bekerja saja, sebelum masuk ke dunia kerja, kami akan bekali skill dan kemampuannya,” katanya.

Sumber daya manusia (SDM) juga menjadi fokus pasangan ini. Di mana tujuannya adalah meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sehat, berbudi pekerti luhur, dan berdaya saing.

Mahyunadi-Kinsu pun menyiapkan alokasi anggaran 20 persen di bidang pendidikan untuk bantuan perlengkapan siswa, pemberian beasiswa, pendidikan nonformal, peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru serta pendirian dan pengembangan balai latihan kerja.

“Tidak hanya biaya sekolah yang gratis, perlengkapan, buku, dan kebutuhan lainnya juga gratis. Jadi, anak-anak tinggal fokus sekolah dan orang tua fokus mencari nafkah,” tegasnya.

Di bidang kesehatan Mahyunadi-Kinsu juga akan membangun rumah sakit pratama, pembangunan rumah dokter, peningkatan kualitas sarana, prasarana dan pelayanan kesehatan, bantuan pengobatan bagi masyarakat kurang mampu serta bantuan pemenuhan gizi ibu hamil dan balita. Peningkatan dan pemerataan kualitas pemuka agama dan rumah ibadah juga dilakukan.

Baca Juga:  LSI-JIP Rilis Hasil Quick Count Pilkada Samarinda, Pasangan Andi Harun-Rusmadi Dinyatakan Menang

“Kalau mau bangun SDM yang berkualitas, kesehatan harus dijamin dulu. Gizi ibu dan anak harus diperhatikan. Di sinilah peran pemerintah di bawah kepemimpinan Mahyunadi-Kinsu,” tutup H Kinsu.

Mahyunadi kembali mengungkapkan, Mahyunadi-Kinsu berkomitmen membawa kemajuan bagi masyarakat dan pembangunan Kutim. Tidak untuk kelompok tertentu, melainkan untuk seluruh lapisan sosial masyarakat, tanpa memandang perbedaan suku, ras, dan agama.

“Kami meyakini, pemimpin yang adil dan bijaksana adalah pemimpin yang mampu berlaku adil untuk seluruh masyarakat yang dipimpinnya. Pemimpin yang mampu merangkul semua usulan dan harapan masyarakatnya tanpa membeda-bedakannya. InsyaAllah, kami hadir untuk itu semua,” tutupnya. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

 

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Politik

Survei Pilkada Samarinda Bocor di Media Sosial, Andi Harun-Rusmadi Unggul di 10 Kecamatan

Politik

Basri Rase-Najirah Adi Darma Komitmen Wujudkan Bontang Berseri, Wujud Pengabdian untuk Kota Taman

Politik

Viral, Beredar Nama-Nama Penjabat Sementara Lima Daerah di Kaltim Beredar

Politik

Barkati-Darlis Terakhir Mendaftar, Pilkada Samarinda Diikuti Tiga Kontestan

Politik

Suara Sah Mahyunadi-Kinsu Dianggap Hangus, BSPN Kaltim Ungkap Dugaan Pelanggaran di Kecamatan Busang

Politik

PDI Perjuangan Kaltim Gelar Rakerda di Balikpapan, Bidik Kemenangan di Pesta Demokrasi 2024

Politik

Langgar Protokol Kesehatan, Tiga Calon Petahana di Kaltim Disemprit Mendagri

Politik

Rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan di Balikpapan, Safaruddin Ajak Masyarakat Tanam Pohon