Home / News

Sunday, 25 October 2020 - 06:00 WIB

Tingkat Kesembuhan di Balikpapan Mencapai 80 Persen, Namun Penambahan Pasien Terpapar Sebanyak 50 Kasus

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 Kota Balikpapan pada Sabtu (24/10/2020) mencapai 80 persen. Itu setelah jumlah pasien yang menyelesaikan isolasi mandiri 47 orang. Dengan demikian, jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit 108 dan yang masih isolasi mandiri 416 orang.

Sementara tingkat positif atau positivity rate Balikpapan 6,8 persen atau masih perlu ditekan hingga sesuai standar WHO yakni 5 persen, begitu juga dengan angka kematian harus terus ditekan dari 5 persen saat ini, menjadi 2 persen.

“Saat ini seluruh rumah sakit rujukan terus memperbaiki kapasitas dan pelayanan dalam penanganan pasien, sehingga pasien dapat tertangani khususnya gejala sedang hingga berat. Selain itu dengan terapi plasma konvalesen yang dikembangkan RS Kanujoso Djatiwibowo juga membantu proses penyembuhan pasien,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Namun tetap perlu diwaspadai karena terdapat penambahan 50 kasus terkonfirmasi positif pada Sabtu. Jumlah kasus didonimasi riwayat tanpa gejala dengan 25 kasus, riwayat suspek 23 kasus, dan dua tracing kasus.

Sementara itu, Pemerintah Kota Balikpapan telah mengeluarkan Surat Edaran untuk penutupan sementara kawasan Lapangan Merdeka dan kawasan jalan utama Grand City pada 24-25 Oktober dan 31 Oktober-1 November 2020.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19 di Kota Balikpapan. Karena dua tempat tersebut sering dijadikan tempat berkumpul khususnya berolahraga.

“Saya mohon pengertian masyarakat, karena kita ingin menat agar menghindari orang berkumpul di situ. Terutama saat libur panjang nanti,” ungkap Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Ada Dugaan Warga Binaan Terlibat Narkoba, Kalapas Akui Belum Terima Laporan

News

Tenaga Kesehatan Balikpapan Mulai Divaksin, Lima Orang Positif saat Rapid Test Antigen Acak

News

Ribuan Pemilih Pemula di Samarinda Belum Punya e-KTP, Disdukcapil Buka Layanan di Akhir Pekan

News

Bupati Kubar Dinyatakan Terpapar Covid-19, Kini Dirawat di RSUD A Wahab Syahranie Samarinda

News

Samarinda Makin Gawat, Ada 52 Klaster Keluarga Terpapar Virus

News

Rumah Tahanan Polresta Samarinda Jadi TPS Pilkada, Ada 41 Tahanan yang Masuk DPT

News

55 Orang Diperiksa Bawaslu Samarinda, Kira-Kira Ada Masalah Apa Ya…

News

Bertepatan dengan Hari Raya Natal 2020 di Kaltim, Ditemukan Adanya 218 Kasus Positif Covid-19