Home / News

Monday, 26 October 2020 - 06:00 WIB

Operasi Zebra Mahakam Digelar di Samarinda, Siap-siap Kena Tilang Jika Lakukan Tujuh Pelanggaran Ini

Kasatlantas Polresta Samarinda, Kompol Ramadhanil saat menjelaskan aturan dan berlangsungnya Operasi Zebra Mahakam 2020. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

Kasatlantas Polresta Samarinda, Kompol Ramadhanil saat menjelaskan aturan dan berlangsungnya Operasi Zebra Mahakam 2020. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Operasi Zebra Mahakam pada Minggu (25/10/2020) kembali digelar. Pelaksanaannya pun dijadwalkan hingga 8 November mendatang. Hanya saja, pada pelaksanaan operasi saat ini, jajaran Satlantas Polresta Samarinda lebih mengedepankan kedisiplinan para pengemudi.

Terlebih mengingat penyebaran wabah pandemi Covid-19 yang cukup tinggi angka penularannya di Benua Etam, khususnya di Kota Tepian ini.

“Pada operasi ini kami akan kedepankan preventif dan preemtif, berupa sosialisasi dan pencegahan,” kata Kasatlantas Polresta Samarinda, Kompol Ramadhanil, Minggu siang.

Meski demikian, Satlantas Polresta Samarinda tetap akan menegur berupa sanksi tilang pada pengendara yang melakukan tujuh pelanggaran.

Tujuh pelanggaran itu ialah tidak menggunakan helm, melawan arus, menggunakan alat komunikasi saat berkendara, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt), belum cukup umur berkendara, serta berkendara di bawah pengaruh alkohol.

Sanksi bagi pelanggar tersebut mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kendati tetap akan melakukan sanksi tegas, namun Ramadhanil tetap menegaskan kalau jajarannya tetap akan lebih mengedepankan preemtif 40 persen dan kegiatan preventif 40 persen. Sedangkan untuk sanksi tilang hanya 20 persen saja.

“Kami akan lebih utamakan operasi secara hunting, kalau stasioner-nya masih melihat kondisi, begitu juga bagi masker saat sosialisasi nanti bisa saja kita bergabung dengan operasi yustisi,” jelasnya.

Pengaturan lalu lintas jalan juga akan dilakukan di sejumlah tempat wisata dan keramaian selama libur panjang berlangsung. Para pengendara diminta tetap mengikuti protokol kesehatan dan memperhatikan kelengkapan berkendara.

“Pada libur panjang ini kami sudah siapkan satuan personel yang akan lakukan pengamanan baik di jalan, maupun ditempat keramaian,” urainya.

Ramadhanil pun berpesan, agar masyarakat tetap patuh pada setiap aturan. Baik kelalulintasan maupun protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga:  Usai Libur Panjang di Balikpapan, Tak Banyak Masyarakat yang Mengikuti Rapid Test Gratis di Puskesmas

“Saya harap masyarakat bisa mengikuti protokol kesehatan meskipun saat berkendara, termasuk memperhatikan kelengkapan kendaraannya,” pungkasnya. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

96 Pos Pelayanan untuk Amankan Tahun Baru, THM dan Tempat Karaoke di Samarinda Tutup

News

Jatam Sebut Dua Anak Tewas di Lubang Tambang, Ini Jawaban ESDM Kaltim

News

Ada 200 Narapidana Mendapatkan Asimilasi, Rutan Klas IIA Samarinda Masih Terus Lakukan Pemantauan

News

Karena Tidak Masuk Daerah Prioritas, Kaltim Baru Kebagian Jatah Vaksin Covid-19 Tahun Depan

News

Tiga Kecamatan di Samarinda Zona Merah, Total Kasus Meninggal Terpapar Covid-19 Kini 804 Kasus

News

Kasus Dugaan Korupsi di Perusda PT AKU Terungkap, Kejati Kaltim Tetapkan Direksi dan Rekanan Jadi Tersangka

News

Perawat di Samarinda Meninggal Terpapar Covid-19, Dimakamkan di TPU Serayu Tanah Merah

News

Soal Status Lahan Kantor Golkar Kaltim yang Ternyata Milik Pemkot Samarinda, Ayub: Bidang Hukum Masih Pelajari