Home / Teknologi

Friday, 30 October 2020 - 06:00 WIB

Apple Dikabarkan Sedang Membangun Mesin Pencari Sendiri, Apakah Pertanda Akan “Ceraikan” Google?

Apple dan Google menjadi mitra. (ist)

Apple dan Google menjadi mitra. (ist)

WAYOUT.ID, CALIFORNIA – Belum lama ini Google dilaporkan telah membayar Apple sebanyak USD 12 miliar atau sekitar Rp 175 triliun untuk menjadikan mesin pencariannya terpasang secara default di Safari untuk perangkat iOS.

Hal ini pun sebenarnya sudah dilakukan Google setiap tahun dengan membayar setoran ke Apple. Jumlah yang harus dibayarkan Google itu terus meningkat.

Tentu Apple mendapatkan keuntungan besar dari Google, meski demikian Apple dikabarkan akan membuat mesin pencari sendiri.

Menurut laporan dari Financial Times, Apple sedang membangun mesin pencarian mereka sendiri untuk mengurangi ketergantungannya terhadap Google hingga bisa lebih mandiri.

Dan juga adanya pengawasan antitrust yang kini sedang dihadapi Apple jadi salah satu faktor untuk membuat mesin pencari sendiri.

Namun apakah membuat dan memaksa mesin telusur sendiri ke pengguna adalah langkah yang baik. Sebab hal ini mirip dengan Microsoft yang kemudian mendapat masalah saat menggabungkan Internet Explorer dengan Windows pada masa itu.

Saat ini Apple telah menggunakan bit dari mesin pencari di produk mereka yang sudah ada, seperti “Today View” di mana menunjukkan daftar hasil pencarian oleh Apple, bukan Google.

Pun begitu upaya Apple membuat sendiri mesin pencari ditanggapi skeptis banyak pihak. Ini lantaran Google memiliki data dan pengalaman bertahun-tahun yang membuat mereka meningkatkan dan menyempurnakan mesin pencarinya.

Bila pun Apple benar-benar membuatnya dan berhasil, maka ini akan menjadi pencapaian besar. Sebab perusahaan sebesar Microsoft saja tidak terlalu beruntung dengan performa Bing. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Teknologi

Snapdragon 875 Diyakini Bakal Libas A14 Bionic di iPhone 12, Berikut Alasannya

Teknologi

Kontainer Otomatis Membuat Pertanian Perkotaan Organik Menjadi Layak

Teknologi

Mulai 1 Oktober, 12 Perusahaan Digital Ini Wajib Pungut Pajak ke Konsumen

Teknologi

Fitur Baru WhatsApp yang Bikin Handphone Anda Enggak Lemot Lagi, Begini Caranya Pengaturannya

Teknologi

Google Resmi Luncurkan Android 11 Go, Benarkah Bikin Smartphone Lebih Kencang

Teknologi

Huawei Hadirkan Pesaing AirPods Pro, Yuk Simak Fitur dan Kecanggihannya

Teknologi

Punya Spek Mumpuni dengan Harga Terjangkau, CEO Xiaomi Sedih Smartphone-nya Dianggap Murahan

Teknologi

Iklan Digital Lebih Efektif saat Pandemi, Berikut Ini Alasannya