Home / Politik

Saturday, 31 October 2020 - 06:00 WIB

Melalui Program Bontang Bangkit, Basri Rase-Najirah Adi Darma Bakal Bikin Masyarakat Sejahtera

Melalui Bontang Bangkit, Basri Rase-Najirah Adi Darma akan mendorong pengembangan kelompok usaha bersama dan UMKM. (ist)

Melalui Bontang Bangkit, Basri Rase-Najirah Adi Darma akan mendorong pengembangan kelompok usaha bersama dan UMKM. (ist)

WAYOUT.ID, BONTANG – Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan di Kota Bontang mencapai 4,22 persen dari total penduduk 177.722 jiwa. Jumlah itu setara dengan 7.499 orang. Mereka hidup di bawah garis kemiskinan.

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase dan Najirah Adi Darma pun hadir membawa solusi untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Taman. Pasangan nomor urut satu ini sudah menyiapkan program Bontang Bangkit.

“Bontang Bangkit ini adalah berupa bantuan pemerintah kepada masyarakat agar tepat sasaran dan tepat guna. Ini adalah komitmen kami untuk mengoptimalkan pengentasan kemiskinan di Kota Bontang,” kata Basri Rase.

Wakil Wali Kota Bontang 2015-2020 itu menambahkan, pengentasan kemiskinan dilakukan melalui kolaborasi aparatur sipil negara (ASN), pelaku usaha, dan masyarakat. Yang mana nantinya diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan bagi keluarga miskin.

“Sehingga pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, secara otomatis meningkatkan pula kualitas kehidupan masyarakat Kota Bontang. Implementasi dari program ini dilaksanakan melalui sinergi semua program dan peran semua pihak dalam pengentasan kemiskinan,” jelas ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Bontang itu.

Dia menjelaskan, implementasi dari program Bontang Bangkit meliputi:

  1. Perluasan bantuan pangan nontunai (cakupan dan ragam pangan/APBD).
  2. Pengembangan kelompok usaha bersama (kube) dan UMKM.
  3. Penciptaan home industri.
  4. Peningkatan dan pengembangan petani, nelayan, dan petani ternak.
  5. Pelatihan, sertifikasi keahlian/keterampilan, dan magang tenaga kerja.
  6. Bantuan paket makanan gratis untuk keluarga miskin lansia.
  7. Stimulan dana kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dan pengobatan yang tidak masuk dalam cakupan pengobatan dengan BPJS.
  8. Penyediaan beasiswa stimultan maupun beasiswa penuh kepada pelajar dan mahasiswa keluarga miskin.

Basri Rase optimistis dengan program-program tersebut, ke depan Kota Bontang akan menjadi daerah yang memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing.

Baca Juga:  Musancab-Rakercabsus PDI Perjuangan Kukar, Ajang Konsolidasi Pemenangan Edi Damansyah-Rendi Solihin

“Target dari program ini adalah, bagaimana SDM kita, anak-anak kita mampu bersaing di dunia kerja, pelaku usaha kita sejahtera, dan yang paling penting adalah, kemiskinan pun bisa ditekan,” tutupnya.

Diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Basri Rase-Najirah Adi Darma optimistis mampu mewujudkan Kota Bontang yang lebih hebat dan beradab.

Sekadar diketahui, Basri Rase merupakan Wakil Wali Kota Bontang 2015-2020, sementara Najirah adalah istri dari mendiang Adi Darma-Wali Kota Bontang periode 2010-2015. Kolaborasi keduanya pun banjir dukungan dari pelbagai elemen. Pasangan ini pun menunjukkan kesungguhannya untuk mengabdi kepada masyarakat. Salah satu tolok ukurnya adalah program kerja untuk masyarakat.

Program kerja yang disiapkan pun mencakup semua sektor. Mulai dari penataan birokrasi, peningkatan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi, hingga pengembangan pariwisata.

Jangan lupa buat masyarakat Bontang, pada tanggal 09 Desember 2020, datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos nomor urut satu, Basri Rase-Najirah. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Warga Sampaikan Keluh Kesahnya ke Mahyunadi, Berharap Banyak Agar Desa Long Nah Makin Maju

Politik

Anggap Tak Penuhi Syarat Formil, Zairin-Sarwono Urung Lakukan Gugatan ke Mahkamah Konstitusi

Politik

Puasa di Tengah Pandemi Covid-19, Safaruddin: Ramadan Adalah Bulan yang Begitu Istimewa

Politik

Sugiyono Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Samarinda, Wali Kota Ajak Saling Bersinergi Membangun Kota

Politik

Deretan Program Kerja Mahyunadi-Kinsu untuk Kutim Makin Maju, 9 Desember Coblos Nomor Satu

Politik

Bakal Digelar Selama 71 Hari, Proses Pilkada Dimulai Sejak 26 September 2020

Politik

Rampungkan Gelaran Musda ke V, PKS Samarinda Komitmen Siapkan Kader-Kader Muda di Kepengurusan

Politik

Deklarasi Soppeng Masseddi untuk Mahyunadi-Kinsu: Satu Tujuan, Satu Harapan, Menangkan Nomor Satu