Home / Aspirasi

Wednesday, 4 November 2020 - 06:00 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan Kaltim, Politisi PDI Perjuangan Ini Menaruh Perhatian Pada Sektor Pertanian

Wakil Ketua DPRD Kaltim dari PDI Perjuangan, Muhammad Samsun (kemeja putih) bersama kelompok tani di Tenggarong Seberang. (Bima Putra Perkasa/Wayout.id)

Wakil Ketua DPRD Kaltim dari PDI Perjuangan, Muhammad Samsun (kemeja putih) bersama kelompok tani di Tenggarong Seberang. (Bima Putra Perkasa/Wayout.id)

WAYOUT.ID, TENGGARONG – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menaruh perhatian besar terhadap sektor pertanian. Pada agenda serap aspirasi atau reses Masa Sidang III Tahun 2020 ini, Samsun memilih menyasar petani dan buruh tani.

Bagi politisi PDI Perjungan ini, dengan ditunjuknya Kaltim sebagai ibu kota negara, maka harus bersiap mendukung dan memperkuat ketahanan pangan.

“Biar petani menjadi urusan saya, saya akan fokus pada pertanian dan petaninya,” kata Samsun usai reses di dua desa, yakni Desa Buana Jaya dan Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Dua desa tersebut adalah sebagian dari sejumlah tempat yang dia datangi untuk reses. Samsun mengaku, dirinya akan lebih fokus pada urusan pertanian dan mengakomodir para petani. Karena Kaltim harus menjaga dan memperkuat ketahanan pangan.

Perihal tersebut, rasa syukur warga Desa Buana Jaya tak terbendung. Apalagi mayoritas warga di desa itu adalah petani.

“Kami bersyukur Pak Samsun mau berbuat di desa kami. Kami memohon bantuan melalui beliau, agar petani di desa kami dapat diberikan bantuan. Saya berharap, Pak Samsun bisa fokus mengurusi petani. Karena mayoritas warga kami itu petani,” beber Kepala Desa Buana Jaya, Fren Efendi.

Demikian pula disampaikan ketua kelompok tani, Wewen. Dia mengaku, pihaknya sangat terbantukan dengan adanya wakil dari nelayan dan petani yang duduk di kursi dewan. “Dari sekian lama, kali ini kami sangat mendapatkan perhatian,”ujarnya.

Dijelaskanya, kebutuhan jalan petani sekarang sudah diberikan. Dulu, kata dia, saat masa panen pihaknya begitu sulit melintas. Bahkan harus memakan waktu berhari-hari karena jalan yang dilalui hanya bisa menggunakan motor.

“Nah, setelah Pak Samsun datang menawarkan bantuan, Alhamdulillah jalan tani kami sudah sangat baik. Sekarang mudah sekali dan bisa gunakan roda empat untuk mengambil hasil panen di sawah,” urainya.

Baca Juga:  Surat Suara Rusak Tembus Angka 17 Ribuan, Ketua KPU Samarinda Bantah Adanya Kecurangan

Namun begitu, bukan berarti semua kebutuhan penunjang pertanian telah terpenuhi. Untuk menuju ketahanan pangan, masih banyak yang harus segera diselesaikan.

Samsun kembali menyampaikan, pada kesempatan reses tersebut, banyak aspirasi masyarakat yang diterima. Di antaranya, minimnya mesin panen padi. Kemudian warga berharap adanya bantuan pupuk dolomit, mengingat PH tanah sawah yang lumayan tinggi.

Selain itu, drainase perairan tani, subsidi pupuk padi, hingga kebutuhan pengerasan jalan desa dan semenisasi.

Menanggapi hal tersebut, Samsun menyampaikan, kesulitan yang biasa ditemui untuk menunjang sektor pertanian adalah soal anggaran. Karena anggaran Kaltim dibagi rata ke setiap daerah.

Tetapi bagi dia, sektor pertanian saat ini harus menjadi prioritas. “Karena petani itu sebagian besar dari kebutuhan seluruh rakyat yang ada di Kaltim. Maka dari itu, fasilitas mereka harus terpenuhi,” tegas Samsun. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Aspirasi

Wakil Rakyat dari Kaltim Tolak Rencana Impor 1 Juta Beras, Safaruddin: Jangan Melukai Hati Petani!

Aspirasi

Masyarakat Samboja Curhat soal Infrastruktur ke Safaruddin, Berharap Agar Penerangan Jalan dan Air Bersih

Aspirasi

Komisi III Kunjungan Kerja ke Polda Kaltim, Safaruddin: Pengamanan Pilkada dan Pencegahan Covid-19 Prioritas

Aspirasi

Tekan Pengangguran Akibat Pandemi, Ini Pesan Politisi PDI Perjuangan

Aspirasi

Terkesan Buru-buru, Sekdaprov Kaltim Bantah Ada Mufakat Jahat di Pembahasan APBD 2021

Aspirasi

Agustus Telah Berakhir, RUU IKN Masih Belum Dibahas di DPR RI

Aspirasi

Megawati ke Calon Kepala Daerah: Kedaulatan Pangan dan Pelestarian Alam Demi Kesejahteraan Rakyat

Aspirasi

Silaturahmi dengan Warga Sulawesi, Safaruddin Malah Diminta Pimpin Kaltim