Home / Politik

Wednesday, 4 November 2020 - 06:00 WIB

Tim Pemenangan Zairin-Sarwono Dipanggil Bawaslu Samarinda, Terkait Dugaan Kampanye Berkedok Bagi Sembako

Barang bukti dugaan pelanggaran kampanye yang diamankan Bawaslu Samarinda. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

Barang bukti dugaan pelanggaran kampanye yang diamankan Bawaslu Samarinda. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Rabu (4/11/2020) hari ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda akan memintai keterangan Tim Pemenangan Zairin Zain-Sarwono terkait kegiatan bagi-bagi sembako yang diduga disisipi kampanye.

“Rencananya, ada tiga orang tim kampanye yang dipanggil tapi enggak tau siapa yang datang, tapi harusnya ketua tim lah, Mursyid AR dan LO (liasion officer),” ujar Komisioner Bawaslu Samarinda, Imam Sutanto, Selasa (3/11/2020).

Mengenai materi pemanggilan, Imam menyampaikan bahwa pihaknya akan menelusuri perihal benar atau tidaknya kegiatan pembagian sembako berupa minyak goreng, yang disisipi alat peraga kampanye seperti yang dilaporkan warga kepada Bawaslu. “Kami mau telusuri benar enggak itu, bagaimanapun ini bagian dari penelusuran,” kata Imam.

Disinggung soal akan hadir atau tidak yang bersangkutan dalam pemanggilan Bawaslu Samarinda, Imam mengatakan bahwa pihaknya secara administratif sudah melakukan prosedur yang ditentukan. “Ya intinya kita sudah bersurat, kalau besok katanya sih akan hadir tapi enggak tau datang atau enggak,” ucap Imam.

Sebelumnya, Imam membenarkan bahwa pihaknya masih menelusuri enam laporan warga soal pembagian minyak oleh pasangan calon nomor urut tiga, Zairin-Sarwono. “Unsur dengan sengaja memberi barang, jumlah dan besaran harga. Itu yang masih kita telusuri,” kata Imam.

Imam sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat yang berani melaporkan dugaan pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada). Dia menerangkan, mengenai sanksi pelanggar yang dengan sengaja terbukti meyakinkan pemilih akan dipenjara.

“Ancaman tiga tahun pidana kepada pelaku dengan sengaja, terbukti dan menyakinkan,” tegasnya

Ketua Tim Pemenangan Zairin-Sarwono, Mursyid Abdul Rasyid membantah dugaan tersebut. “Tidak tahu, kami baru tahu ini. Tidak ada bagi sembako. Kami sedang rapat pemenangan ini,” kata Mursyid.

Baca Juga:  Safaruddin Ungkap Dua Nama Pengganti Mendiang Thohari Aziz sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan, Siapa Saja Mereka?

Sejauh ini pihaknya hanya membagikan brosur program unggulan kepada warga. “Kegiatan itu sudah berlangsung lama dan terus-menerus. Kita mengerti aturan, jadi dugaan itu tidak benar. Selama ini apa yang kami sampaikan kampanye visi, misi, dan edukasi,” pungkasnya. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Satukan Tekad untuk Membawa Perubahan di Kutim, Generasi Milenial Deklarasi Menangkan Mahyunadi-Kinsu

Politik

Basri Rase-Najirah Adi Darma di Pilkada Bontang, Safaruddin: Sudah Kita Usulkan ke DPP

Politik

Pilkada Samarinda: PDI Perjuangan All Out Menangkan Andi Harun-Rusmadi

Politik

MUI-BPOM Pastikan Vaksin Covid-19 Halal dan Aman, Safaruddin Imbau Masyarakat Tak Cemas Jalani Vaksinasi

Politik

Dinilai Dekat dan Mampu Melayani Masyarakat, Sulaiman Makin Banyak Didukung Tokoh Paser

Politik

Prioritaskan Kecepatan dan Kualitas Layanan, Basri Rase-Najirah Adi Darma Siapkan Mal Pelayanan Publik

Politik

Besok Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Khusus Penantang Calon Tunggal

Politik

Datangi Kantor Bawaslu Kutim, Tim Advokasi Mahyunadi-Kinsu Pertanyakan Dugaan Pelanggaran