Home / Politik

Tuesday, 10 November 2020 - 06:00 WIB

Sugiyono Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Samarinda, Wali Kota Ajak Saling Bersinergi Membangun Kota

Sugiyono. (ist)

Sugiyono. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Kursi Ketua DPRD Kota Samarinda yang sebelumnya kosong akhirnya terisi. Adalah Sugiyono, yang meneruskan estafet kepemimpinan lembaga legislatif di Kota Tepian dari tangan mendiang Siswadi. Sumpah jabatan digelar, Senin (9/11/2020).

Pria yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Samarinda itu dilantik saat Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah/Janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Samarinda dengan sisa masa jabatan tahun 2019-2024. Usai dilantik, Sugiyono memastikan akan melakukan berbagai upaya untuk bekerja secara maksimal di masa kepemimpinannya.

“Langkah yang pertama tentu saya melakukan komunikasi dan berkoordinasi dengan unsur pimpinan DPRD Samarinda untuk menyatukan persepsi demi mengemban amanah dan aspirasi masyarakat,” ucap Sugiyono.

Selain itu, dia juga akan melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kota Samarinda di sisa masa jabatannya, untuk menyamakan dan meleburkan pembangunan yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan sesuai dengan perencanaan serta penganggaran yang telah ditetapkan oleh lembaga legislatif dan eksekutif.

“Untuk periode penganggaran ini kami telah memutuskan sesuai dengan nota kesepahaman yang disepakati oleh DPRD dan Pemerintah Kota Samarinda. Untuk proyeksi anggaran periode selanjutnya akan ditentukan setelah saya dan unsur pimpinan DPRD Samarinda melakukan langkah koordinasi dari hasil aspirasi masyarkat,” ucap Sugiyono

Sementara, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang menyampaikan banyak harapannya kepada Sugiyono. Harapan tersebut disampaikannya, sewaktu mengikuti secara virtual. Pada sambutannya, Jaang mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kota Samarinda, menyebutkan pelantikan ini adalah awal bagi Sugiyono untuk melaksanakan tugas sebagai pimpinan DPRD Samarinda.

“Dengan demikian, saya berharap ke depan kita dapat saling bersinergi antara Pemerintah Kota Samarinda dan DPRD untuk tercapainya kesejahteraan Kota Samarinda ” kata Jaang.

Jaang menambahkan, ada banyak program yang harus dilaksanakan bersama agar dapat bekerja sama untuk melaksanakan program Pemerintah Kota Samarinda.

Baca Juga:  Antisipasi Covid-19, Gubernur Kaltim Bakal Keluarkan Edaran untuk Batasi Kegiatan Natal dan Tahun Baru

“Kepada seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan di kota ini, saya tekankan untuk dapat terus menjaga suasana yang selama ini kondusif dan terus waspada terhadap segala macam gangguan, hambatan, dan tantangan yang menghambat pelaksanaan pembangunan,” kata Jaang.

Berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan, salah satunya tergantung kepada peran serta ketua DPRD Samarinda sebagai pimpinan lembaga legislatif. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Penertiban Alat Peraga Kampanye di Samarinda, Tim Barkati-Darlis Tak Hadir

Politik

KPU Kukar Sudah Klarifikasi 14 Pihak, Edi Damansyah Dipastikan Tak Terbukti Melanggar

Politik

Ingin Masyarakat Kutim Rasakan Pembangunan, Mahyunadi-Kinsu Siap Tuntaskan Enklave TNK

Politik

Demi Kutim Makin Maju, Mahyunadi-Kinsu Bakal Wujudkan Pemerintahan yang Baik dan Berbasis Elektronik

Politik

Mahyunadi Tegaskan Kemenangan Bukanlah Tujuan, Namun Jalan Menuju Kesejahteraan Masyarakat Kutim

Politik

Catat, Ini Sanksi Pasangan Calon yang Langgar Protokol Kesehatan saat Kampanye

Politik

Dugaan Pelanggaran Kampanye di Kota Tepian, Bawaslu Samarinda Temukan Bukti Minyak dan Kartu Nama

Politik

Datangi Bawaslu Kutai Timur, Serahkan Bukti KTP Ganda hingga SK Pergantian Kepala Disdukcapil