Home / News

Saturday, 14 November 2020 - 06:00 WIB

Ketua DPRD Kaltim Surati Gubernur, Terkait Penolakan Dua Proyek Flyover Rapak dan RSUD AW Sjahranie Samarinda

Makmur HAPK. (ist)

Makmur HAPK. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Dua proyek multi years contract (MYC) yang diajukan Pemprov Kaltim ke Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim hingga saat ini masih belum ada kejelasan.

Dewan sempat berteriak nyaring di awal-awal pengajuan dua proyek MYC ini, yang kemudian diketahui proyek itu adalah pembangunan RS AWS Sjahranie Samarinda, serta pembangunan jalan flyover di Rapak Balikpapan.

Respon dewan, awalnya adalah terkejut. Ada tiga hal yang jadi perhatian. Pertama, pengajuan itu dilakukan secara tiba-tiba, saat proses pembahasan anggaran berlangsung. Kedua, yang juga diperhatikan adalah status jalan untuk proyek jalan flyover di Balikpapan yang merupakan jalan nasional. Sejatinya, jalan nasional menggunakan dana APBN, bukanlah APBD.

Ketiga, adalah kondisi ekonomi Kaltim yang saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19. Ditakutkan, adanya proyek MYC justru akan membebani porsi anggaran Kaltim dalam jangka waktu ke depan.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK mengatakan, dewan telah mengirim surat ke Gubernut Kalitm untuk tanggapan atas proyek MYC itu.

“Hasilnya sudah ada, saya kirim ke Gubernur Kaltim. Di sana ada hasilnya, yang dibuat oleh teman-teman (dewan),” ujarnya.

Apa hasil dan tanggapan resmi dewan terkait dua proyek MYC itu, awalnya dijawab Makmur dengan samar-samar. Ini dia jawab, saat ditanya tegas, apakah dewan menunda, menolak atau menyetujui dua proyek itu.

“Ya, kalau disetujui kan sudah disahkan, tetapi ini kan belum. Yang jelasnya sikapnya sudah ada, tinggal jawaban dari Gubernur Kaltim,” ujarnya.

Makmur pun membenarkan bahwa ajuan dua proyek MYC itu dilakukan tidak jauh-jauh hari, melainkan baru-baru saja. “Enggak. Baru-baru saja itu. Sudah saya tegaskan. Di surat itu, sudah tegas isinya, saya tandatangani. Sudah ada suratnya, intinya menolak memang. Sementara tak dimasukkan dalam anggaran 2021,” ucapnya.

Baca Juga:  Ada 200 Narapidana Mendapatkan Asimilasi, Rutan Klas IIA Samarinda Masih Terus Lakukan Pemantauan

Kapan surat itu dikirimkan ke Gubernur Kaltim, dijawab Makmur, belum lama ini. “Sebelum kegiatan kemarin, hari Selasa lalu. Suratnya sudah masuk,” ujarnya.

Redaksi kemudian mengonfirmasi kepada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim, Muhammad Sabani mengenai surat yang dikirimkan DPRD Kaltim ke Pemprov Kaltim. Namun, hingga berita ditulis belum ada respon dan jawaban yang diberikan. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Ratusan Massa Geruduk Kantor Bawaslu Kutai Timur, Tuntut Lembaga Pengawas Jaga Netralitas

News

Akhir Pekan Ini di Balikpapan, Rapid Test Massal Ibu Hamil di Seluruh Puskesmas

News

Gelar Aksi Bagi Masker, Pemerintah Kota dan TNI/Polri Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Balikpapan

News

Demo Omnibus Law di Samarinda dan Balikpapan, Lantunkan Selawat hingga Gelar Aksi Teatrikal

News

Wali Kota Enggan Ambil Risiko, Pemerintah Kota Samarinda Tunda Pembelajaran Tatap Muka

News

Tingkat Penularan Tinggi, Akhir Tahun Ini Kaltim Bakal Dapat Jatah Vaksin Covid-19 dari Kemenkes RI

News

Jatam Sebut Dua Anak Tewas di Lubang Tambang, Ini Jawaban ESDM Kaltim

News

Zairin Zain Dikabarkan Positif Covid-19, Tetangga Tak Tahu, Sarwono: Konfirmasi Langsung