Home / Politik

Sunday, 15 November 2020 - 06:00 WIB

Mahyunadi Blusukan ke Kecamatan Karangan, Utamakan Infrastruktur hingga Pendidikan

Calon Bupati Kutim, H Mahyunadi SE MSi menyapa warga Kecamatan Karangan. (ist)

Calon Bupati Kutim, H Mahyunadi SE MSi menyapa warga Kecamatan Karangan. (ist)

WAYOUT.ID, SANGATTA ­– Calon Bupati Kutai Timur (Kutim), H Mahyunadi SE MSi menggelar silaturahmi secara maraton dengan warga Desa Karangan Ilir, warga Desa Batu Lepoq, dan warga Desa Mukti Lestari, Kecamatan Karangan, Sabtu (14/11/2020).

Pada kesempatan itu, calon nomor urut satu itu didampingi ketua Fraksi Nasdem DPRD Kutim Kamsiah Rahman, ketua PTK Golkar Kecamatan Karangan Bijuri Rahman, serta ketua Tim Pemenangan Mahyunadi-Kinsu Kecamatan Karangan yang juga politisi Partai Gelora, Andika.

Berbagai aspirasi disampaikan oleh warga setempat. Mulai dari infrastruktur, kesejahteraan, pembangunan rumah ibadah, hingga jaringan telekomunikasi dan pendidikan. Mahyunadi yang berpasangan dengan H Lulu Kinsu pun menyambut aspirasi warga dan sudah menyiapkan beragam program yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

“Mahyunadi-Kinsu memiliki tujuan untuk menjadikan Kutim semakin maju, mandiri, dan sejahtera berlandaskan gotong royong. Untuk itulah, dibutuhkan perubahan di Kutim ini,” tegas ketua DPRD Kutim 2014-2019 itu.

Mahyunadi mengungkapkan, dalam rangka mewujudkan pembangunan infrastruktur yang merata dan proporsional, maka Mahyunadi-Kinsu akan memastikan penambahan ruas dan peningkatan kualitas jalan, elektrifikasi listrik dan sambungan instalasi PDAM di semua desa.

“Kalau infrastruktur sudah terbangun, semua daerah di Kutim akan terhubung. Sehingga menimbulkan konektivitas antardaerah, antarkecamatan, dan antardesa. Dengan demikian, perekonomian akan tumbuh, kesejahteraan akan meningkat, dan jaringan telekomunikasi pun bisa disiapkan,” katanya.

Pembangunan, kata Mahyunadi, akan dikerjakan secara serentak. Tidak hanya oleh pemerintah daerah (pemda) saja, melainkan juga dimulai dari tingkat rukun tetangga (RT), desa/kelurahan, dan kecamatan.

“Untuk di tingkat RT, kami menyiapkan alokasi anggaran Rp 50-100 juta per RT per tahun. Peruntukannya untuk pembangunan di semua bidang, mulai dari kegiatan sosial, sarana olahraga dan seni, kegiatan keagamaan dan kegiatan penataan lingkungan di tiap RT,” tegasnya.

Baca Juga:  Sudah 5.354 Orang Terpapar Virus, Penyebaran Covid-19 di Kaltim Mengkhawatirkan

Di saat bersamaan, kualitas pendidikan dan kesehatan harus ditingkatkan. Alokasi anggaran 20 persen di bidang pendidikan untuk bantuan perlengkapan siswa, pemberian beasiswa, pendidikan nonformal, peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru serta pendirian dan pengembangan balai latihan kerja.

Kemudian, pembangunan rumah sakit pratama, pembangunan rumah dokter, peningkatan kualitas sarana, prasarana dan pelayanan kesehatan, bantuan pengobatan bagi masyarakat kurang mampu serta bantuan pemenuhan gizi ibu hamil dan balita. Serta, peningkatan dan pemerataan kualitas pemuka agama dan rumah ibadah.

“Mahyunadi-Kinsu akan Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, berbudi pekerti luhur, dan berdaya saing. Pendidikan, kesehatan, dan budi pekerti akan dibangun. Sehingga kita punya sumber daya manusia yang berkualitas,” jelas Mahyunadi.

Membangun Kutim ke depan tidaklah mudah. Di tengah meningkatnya angka kemiskinan, banyaknya infrastruktur jalan yang rusak, kualitas pendidikan yang harus ditingkatkan, fasilitas kesehatan yang belum merata, hingga kesejahteraan masyarakat harus diselesaikan. Jika salah memilih pemimpin pada 9 Desember mendatang, harapan untuk menikmati program-program tersebut di atas akan sirna.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemimpin yang memiliki kualitas, pengalaman, dan paham dengan kondisi masyarakat. Kehadiran masyarakat dalam rangka membawa Kutim untuk perubahan sangat dibutuhkan. Syaratnya adalah, pada tanggal 9 Desember mendatang, coblos nomor satu, Mahyunadi-Kinsu. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama 

Share :

Baca Juga

Politik

Tinggalkan AFH-Uce di Pilkada Kutim, Hanura Mantapkan Diri ke Mahyunadi-Kinsu

Politik

Demi Wujudkan Kecintaan kepada Tokoh Idolanya, Gadis Cilik Ini Lukis Wajah Mahyunadi-Kinsu

Politik

Deklarasi Soppeng Masseddi untuk Mahyunadi-Kinsu: Satu Tujuan, Satu Harapan, Menangkan Nomor Satu

Politik

Survei Pilkada Samarinda Bocor di Media Sosial, Andi Harun-Rusmadi Unggul di 10 Kecamatan

Politik

7 Hari Mencari Pengganti Muharram, PKS Kocok Ulang Kandidat di Pilkada Berau

Politik

Gelar Konsolidasi Sekaligus Silaturahmi, Pengurus dan Kader PPP Wajib Menangkan Sulaiman-Ikhwan

Politik

Viral, Beredar Nama-Nama Penjabat Sementara Lima Daerah di Kaltim Beredar

Politik

Basri Rase-Najirah Adi Darma Komitmen Wujudkan Bontang Berseri, Wujud Pengabdian untuk Kota Taman