Home / Politik

Friday, 20 November 2020 - 06:00 WIB

Komitmen Kembangkan Pariwisata Bontang, Basri Rase-Najirah Adi Darma Siapkan Tiga Program Unggulan

Calon Wali Kota Bontang, Basri Rase memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan pariwisata. (ist)

Calon Wali Kota Bontang, Basri Rase memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan pariwisata. (ist)

WAYOUT.ID, BONTANG – Sektor pariwisata menjadi salah satu program unggulan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase-Najirah Adi Darma. Pasalnya, Kota Taman memiliki potensi besar di sektor pariwisata yang belum digarap maksimal.

“Pengembangan pariwisata sangat penting untuk mewujudkan Kota Bontang sebagai salah satu daerah destinasi wisata, baik regional maupun nasional. Sehingga dapat pula memberi kontribusi yang lebih besar terhadap pengembangan ekonomi dan peningkatan penghasilan asli daerah (PAD),” kata Basri Rase.

Berbagai program andalan telah disiapkan calon nomor urut satu. Di mana, tujuannya adalah memajukan dan mengembangkan pariwisata Bontang yang direalisasikan melalui program.

Pertama, lanjut Basri Rase, adalah Bontang Bergaya. Program ini dibuat lantaran karakteristik Kota Bontang yang heterogen, terdiri atas beragam etnis dan budaya yang merupakan aset daerah. Oleh karenanya, Bontang Bergaya yang merupakan singkatan dari Bontang Beragam Budaya merupakan program pengembangan dan pelestarian ragam budaya nusantara yang merupakan warisan leluhur.

“Sehingga dapat mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh persatuan yang melahirkan harmoni dalam kehidupan masyarakat lintas agama, lintas etnis, lintas generasi, serta dapat menjadi agenda wisata budaya Kota Bontang,” jelas Basri Rase.

Kedua, sambung Basri Rase, Kampung Budaya Guntung. Menurutnya, Kampung Guntung yang status kewilayahannya ditetapkan sebagai Kelurahan Guntung memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan Kesultanan Kutai. Masyarakat dari suku Kutai yang ada di Kelurahan Guntung banyak mewarisi tradisi adat dan budaya dari Kesultanan Kutai.

“Oleh karenanya, Basri Rase-Najirah berkomitmen melestarikan dan mengembangkan adat budaya masyarakat Kutai di Kota Bontang dengan menetapkannya sebagai Kampung Budaya Guntung sebagai kawasan budaya,” beber Basri Rase.

Makanya, implementasi program ini direalisasikan melalui penataan kawasan dan pembangunan replika istana Kesultanan Kutai, pagelaran seni bduaya berjelanjutan, serta pembangunan akses jalan alternatif menuju Kampung Budaya Guntung.

Baca Juga:  Pasien Terpapar Covid-19 Bertambah 479 Orang, Balikpapan Menjadi Penyumbang Terbanyak

Ketiga, tambah Basri Rase, Kampung Air Bontang Kuala. Dijelaskannya, Bontang Kuala sebagai cikal bakal Kota Bontang, saat ini yang memiliki permukiman nelayan di atas air. Keunikan Kampung Air Bontang Kuala menjadi salah satu destinasi wisata dan ikon Kota Bontang.

“Untuk itu Basri Rase-Najirah berkomitmen memajukan dan mengembangkan kawasan Bontang Kuala menjadi daerah dsetinasi wisata yang dapat memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan regional maupun nasional, bahkan mancanegara,” ujar Basri Rase.

Implementasi program ini direalisasikan melalui pengembangan fasilitas sarana penunjang wisata berupa home nstay, pengembangan area plaza, dan balon udara hias. “Kemudian, penyelenggaran festival budaya dan pesta laut, serta penataan dan peningkatan infrastruktur Jalan Kapten Pierre Tendean untuk mengantisipasi banjir rob,” tegas Basri Rase.

Diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Basri Rase-Najirah Adi Darma optimistis mampu mewujudkan Kota Bontang yang lebih hebat dan beradab.

Sekadar diketahui, Basri Rase merupakan Wakil Wali Kota Bontang 2015-2020, sementara Najirah adalah istri dari mendiang Adi Darma-Wali Kota Bontang periode 2010-2015. Kolaborasi keduanya pun banjir dukungan dari pelbagai elemen. Pasangan ini pun menunjukkan kesungguhannya untuk mengabdi kepada masyarakat. Salah satu tolok ukurnya adalah program kerja untuk masyarakat.

Program kerja yang disiapkan pun mencakup semua sektor. Mulai dari penataan birokrasi, peningkatan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi, hingga pengembangan pariwisata.

Jangan lupa buat masyarakat Bontang, pada tanggal 09 Desember 2020, datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos nomor urut satu, Basri Rase-Najirah. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Selesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara, KPU Samarinda Bersiap Memasuki Tahapan Lanjutan

Politik

Datangi Bawaslu Kutai Timur, Serahkan Bukti KTP Ganda hingga SK Pergantian Kepala Disdukcapil

Politik

Dua Daerah di Kaltim Perpanjang Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Mana Saja

Politik

Mahyunadi Silaturahmi dengan Warga Desa Cipta Graha, Didampingi Faisal Rahman Selaku Juru Kampanye

Politik

Bakal Digelar Selama 71 Hari, Proses Pilkada Dimulai Sejak 26 September 2020

Politik

Adik Bupati Paser Dukung Sulaiman-Ikhwan, Dianggap Punya Pengalaman Matang Birokrasi dan Politik

Politik

Amankan Jalannya Pilkada di Kaltim, Berikut Fokus Pengamanan Polisi

Politik

Suara Sah Mahyunadi-Kinsu Dianggap Hangus, BSPN Kaltim Ungkap Dugaan Pelanggaran di Kecamatan Busang