Home / Politik

Friday, 20 November 2020 - 06:00 WIB

Silaturahmi dengan Warga Desa Sangatta Utara, Mahyunadi-Kinsu Dorong Tumbuhnya UMKM dan Koperasi

Calon Bupati Kutim, H Mahyunadi SE MSi disambut hangat oleh warga Desa Sangatta Utara. (ist)

Calon Bupati Kutim, H Mahyunadi SE MSi disambut hangat oleh warga Desa Sangatta Utara. (ist)

WAYOUT.ID, SANGATTA – Warga Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, antusias menyambut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), H Mahyunadi SE MSi dan H Lulu Kinsu. Mereka menginginkan perubahan bagi kabupaten kaya ini.

Kamis (19/11/2020) sore, Mahyunadi menggelar silaturahmi dengan warga Desa Sangatta Utara. Tatap muka dengan warga digelar di Gang Rudina, RT 63 Desa Sangatta Utara. Berbagai aspirasi dititipkan warga kepada calon nomor urut satu tersebut. Mulai dari ekonomi hingga infrastruktur.

Ketua RT 63, Mudof berharap sektor ekonomi harus ditingkatkan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak besar terhadap pendapatan masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Di mana, penjualan mengalami penurunan.

“Kami yakin bahwa Mahyunadi-Kinsu dapat membawa perubahan bagi Kutim. Pembinaan UMKM, koperasi, dan pemberian bantuan kredit bagi masyarakat sangat diperlukan saat ini. Saya yakin bahwa Mahyunadi-Kinsu bisa mendengar jeritan masyarakat,” kata Madof, berlinang air mata.

Pandemi Covid-19 memang memukul sektor ekonomi. Tidak hanya Kutim, melainkan juga seluruh wilayah di Indonesia, bahkan dunia. Pengangguran pun meningkat. Hal itu juga memberikan efek pada semakin meningkatnya angka kemiskinan. Madof yakin Mahyunadi-Kinsu dapat memberikan solusi.

Rudi, warga lainnya berharapa infrastruktur bisa dibenahi. Terutama daerah-daerah di Sangatta yang sebagian besar masih rusak kondisi jalannya. “Mahyunadi-Kinsu fokus di sektor infrastruktur. Saya berharap infrastruktur jalan dapat diperbaiki,” katanya.

Di sektor ekonomi, Mahyunadi memastikan bahwa komitmennya adalah menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat dengan mengembangkan UMKM, koperasi, agribisnis dan agroindustri. Program itu direalisasikan dalam rangka mewujudkan Kutim yang maju, mandiri, dan sejahtera berlandaskan gotong royong.

“Insya Allah, Mahyunadi-Kinsu akan memberikan kemudahan kredit modal usaha UMKM, dan pengembangan koperasi. Selain itu juga penyerapan tenaga kerja lokal di semua industri, baik pertambangan, migas, CPO, dan turunannya. 70 persen tenaga kerja harus lokal,” tegas Mahyunadi.

Baca Juga:  Penertiban Alat Peraga Kampanye di Samarinda, Tim Barkati-Darlis Tak Hadir

Di tengah pandemi Covid-19, memulihkan stabilitas ekonomi menjadi tugas pemerintah. Mahyunadi-Kinsu memastikan akan mengeluarkan berbagai kebijakan prorakyat yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sehingga masyarakat Kutim menjadi semakin sejahtera.

“Mahyunadi-Kinsu juga akan memberikan bantuan saprodi pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Juga memastikan peningkatan nilai tambah hasil produksi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Sehingga kita dapat menjadi kabupaten yang mandiri,” jelas Mahyunadi.

Di bidang infratruktur, Mahyunadi-Kinsu berkomitmen mewujudkan pembangunan infrastruktur yang merata dan proporsional. Program yang disiapkan meliputi penambahan ruas dan peningkatan kualitas jalan, penyelesaian pelabuhan laut Sangatta dan pembangunan bandara, serta elektrifikasi listrik dan sambungan instalasi di semua desa.

Membangun Kutim ke depan tidaklah mudah. Di tengah meningkatnya angka kemiskinan, banyaknya infrastruktur jalan yang rusak, kualitas pendidikan yang harus ditingkatkan, fasilitas kesehatan yang belum merata, hingga kesejahteraan masyarakat harus diselesaikan. Jika salah memilih pemimpin pada 9 Desember mendatang, harapan untuk menikmati program-program tersebut di atas akan sirna.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemimpin yang memiliki kualitas, pengalaman, dan paham dengan kondisi masyarakat. Kehadiran masyarakat dalam rangka membawa Kutim untuk perubahan sangat dibutuhkan. Syaratnya adalah, pada tanggal 9 Desember mendatang, coblos nomor satu, Mahyunadi-Kinsu. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Barkati-Darlis Terakhir Mendaftar, Pilkada Samarinda Diikuti Tiga Kontestan

Politik

PDI Perjuangan Solid Menangkan Sulaiman-Ikhwan, Pastikan Infrastruktur Jalan Desa Jadi Prioritas

Politik

Sederet Alasan Mengapa Mahyunadi-Kinsu Bakal Membawa Kutim Makin Maju

Politik

Adi Darma Wafat, Jadi Calon Kepala Daerah Kedua yang Mangkat Karena Covid-19

Politik

Surat Suara Rusak Tembus Angka 17 Ribuan, Ketua KPU Samarinda Bantah Adanya Kecurangan

Politik

Gerakan Milenial Dukung Sulaiman-Ikhwan, Diyakini Mampu Membawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat Paser

Politik

PDI Perjuangan Kaltim Gelar Rakerda di Balikpapan, Bidik Kemenangan di Pesta Demokrasi 2024

Politik

Mahyunadi-Kinsu Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur, Pastikan Seluruh Jalanan di Kutim Mulus