Home / News

Friday, 27 November 2020 - 06:00 WIB

Angka Pasien Covid-19 di Kaltim Tak Sampai 2 Ribu Orang, Wali Kota Samarinda Positif Terpapar

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Tren kesembuhan Covid-19 terus menunjukkan hal yang baik. Kasus pasien terpapar virus beralias corona di Kaltim hingga kini tak lagi di angka 2 ribu. Kali ini, dengan persentase yang jauh lebih sedikit. Yakni 10,62 persen dari 18.694 kasus positif akumulatif.

“Kita bersyukur angka sembuh terus bertambah. Tapi, kita tetap harus waspada, karena kasus positif masih terjadi,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak seperti dilansir dari rilis resmi Pemprov Kaltim, Kamis (26/11/2020).

Sebagai informasi, pada 15 September 2020 itu, kasus aktif di Kaltim dilaporkan sebanyak 1.999 atau 32,77 persen dari 6.100 kasus akumulatif. Sedangkan hingga 25 November 2.020, sebanyak 1.986 atau 10,62 persen dari 18.694 kasus.

Menurunnya kasus aktif di Kaltim saat ini, tak lepas dari kian tingginya pasien sembuh Covid-19.

Pada Rabu lalu, dari 18.694 kasus, 86,3 persen telah dinyatakan sembuh. Sedangkan 3 persen lainnya meninggal dunia. Naiknya kesembuhan di Kaltim dipicu kasus harian yang belakangan terus didominasi pasien-pasien sembuh.

“Total kasus sembuh hingga saat ini di Kaltim telah mencapai 16.139 orang,” kata Andi.

Sementara untuk kasus terkonfirmasi positif, dilaporkan datang dari Berau empat kasus, Kutai Barat (Kubar) satu kasus, Kutai Kartanegara (Kukar) 47 kasus, Kutai Timur (Kutim) 41 kasus, serta Penajam Paser Utara (PPU) dua kasus. Juga Balikpapan 23 kasus, Bontang 14 kasus, dan Samarinda 58 kasus.

Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim juga melaporkan dua kasus meninggal dunia. Keduanya merupakan kasus dari Kukar. Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, Yudha Pranoto juga ikut menimpali bahwa warga harus disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Boleh dibilang pandemi ini cukup panjang. Sejak Maret hingga hari ini semua unit tetap fokus. Mungkin ada kejenuhan, tetapi demi kemanusiaan, semua personel tetap fokus dan waspada,” katanya.

Baca Juga:  Dua Orang Jadi Tersangka di Demo Omnibus Law di Samarinda, Aliansi Mahakam Menggugat: Kami yang Dituduh

Wali Kota Samarinda Positif

Rabu malam (25/11/2020) kabar mengejutkan beredar di grup-grup jurnalis di Samarinda. Beredar kabar bahwa Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang positif Covid-19.

Dihubungi via saluran telepon, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Samarinda, Sugeng Chairuddin membenarkan kabar tersebut. “Iya benar, siang tadi menjalani swab hasilnya positif,” ungkap Sugeng, Rabu (25/11/2020) malam.

Bahkan, sambung dia, suhu badan Syaharie Jaang sempat tinggi, di hari Selasa kemarin, yakni menyentuh 37,3 derajat Celsius. “Kemarin (suhu tubuh) sempat 37,3 derajat,” jelasnya.

Kondisi suhu tubuh Wali Kota Samarinda mulai normal pada Rabu. “Alhamdulillah suhu badan sudah normal. Suhu tubuh pukul 13.21 Wita, ketiak 35,2, kepala 36.5, leher 36,3, dan tangan 35,9,” sambungnya.

Sementara untuk oksigen, kondisi Syaharie Jaang berada saturasi oksigen normal 96 persen. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Balikpapan Bentuk Tim Khusus Penindak Protokol Kesehatan, Apa Saja Tugasnya

News

Usai Pilkada Samarinda, Dinas Kesehatan Tak Temukan Adanya Lonjakan Kasus Covid-19

News

Ada 90 Kasus Baru di Samarinda, Pasien Positif Covid-19 di Kaltim Terus Bertambah

News

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Satu Ruangan di Kantor DPRD Kaltim Diamuk Jago Merah

News

Kasus Dugaan Korupsi di Perusda PT AKU Terungkap, Kejati Kaltim Tetapkan Direksi dan Rekanan Jadi Tersangka

News

Anda Harus Tahu, Tamu yang Ingin Masuk Kaltim Harus Tunjukan Hasil Rapid Test

News

Gawat, Persentase Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Kaltim Kalahkan Nasional

News

Puluhan Pekerja Lepas Pantai Pertamina Terpapar Covid-19, Lokasi Di-lockdown