Home / News

Thursday, 3 December 2020 - 06:00 WIB

Pasien Terpapar Covid-19 di Berau Melonjak, Kini Delapan Daerah di Kaltim Masuk Zona Merah

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA –  Memasuki bulan Desember 2020, kasus Covid-19 di Kaltim masih belum berhenti. Update terbaru, ada penambahan kawasan zona merah di Kaltim, yakni Berau.

Setelah tambahan enam kasus positif pada 1 Desember 2020. Adanya penambahan Berau, membuat zona merah di Benua Etam genap delapan daerah. Penambahan zona merah ini direspon pihak Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim. Mereka berharap agar masyarakat tetap optimistis.

“Tapi kita harus tetap optimistis wabah corona segera berakhir. Ini terbukti, kasus sembuh semakin bertambah setiap harinya,” juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak, Selasa (1/12/2020).

Diketahui pada Selasa, Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim mengumumkan tambahan 127 kasus terkonfirmasi positif virus corona. Itu membuat akumulasi kasus positif di Kaltim bertambah jadi 19.747 dengan 86,2 persen kesembuhan dan 3 persen kematian.

Dengan gerakan 3M, Drs H Safaruddin mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Pudink/Wayout.id)

Dari 127 kasus baru sebaran terbanyak berasal dari Kutai Timur (Kutim) 26 kasus. Diikuti Samarinda 24 kasus, Paser 23 kasus, Balikpapan 22 kasus, dan Kutai Kartanegara (Kukar) 22 kasus. Selebihnya ada Berau enam kasus, Kutai Barat satu kasus, Penajam Paser Utara (PPU) dua kasus, dan Bontang satu kasus.

Sedangkan pasien sembuh dilaporkan bertambah 161 kasus. Dengan perincian Berau dua kasus, Kutai Barat (Kubar) dua kasus, Kukar 14 kasus, Kutim 80 kasus, dan Paser enam kasus. Selain itu PPU dua kasus, Balikpapan 20 kasus, Bontang 17 kasus, dan Samarinda 18 kasus.

Total kasus sembuh di Kaltim hingga saat ini mencapai 17.022. Sementara pasien meninggal dunia, bertambah satu kasus menjadi 593. Dengan pasien meninggal dunia dilaporkan berasal dari Samarinda.

Baca Juga:  Zairin Zain Dikabarkan Positif Covid-19, Tetangga Tak Tahu, Sarwono: Konfirmasi Langsung

“Disiplin protokol kesehatan adalah kunci melawan virus ini. Kami sangat sedih jika anjuran tersebut dibiarkan begitu saja. Yakinlah kita semua akan menuju kehidupan normal,” sebutnya.

Tak hanya itu, bila diperhatikan dari data yang ada, persoalan penambahan zona merah di Kaltim jadi sorotan. Berau yang sehari sebelumnya masih zona oranye, berubah jadi merah dengan total kasus aktif 54 orang.

Sebagaimana diketahui, Dinas Kesehatan Kaltim menetapkan kriteria 51 kasus aktif ke atas untuk daerah dengan status zona merah.

Saat kunjungannya ke Kecamatan Linggang Bigung, Kubar, Gubernur Kaltim Isran Noor kembali mengajak masyarakat mewaspadai sebaran Covid-19. Kewaspadaan juga harus tetap dilakukan di kampung-kampung meski jauh dari daerah perkotaan dan keramaian.

“Saya mau sampaikan bahwa Kaltim ini masih berwarna merah dan oranye, kecuali Mahakam Ulu warnanya kuning,” kata Isran.

Tambah 304 Pasien Positif Per Rabu Ini

Sementara itu, per Rabu (2/12/2020), ada penambahan 304 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltim. Tiga daerah penyumbang terbanyak adalah Kukar dengan 85 kasus, Kutim dengan 83 kasus dan Samarinda dengan 63 kasus. Total akumulasi kasus positif Covid-19 terupdate itu kini menjadi 20.051 kasus.

Sementara, untuk pasien sembuh ada penambahan 135 orang yang membuat total akumulasi kasus sembuh kini menjadi 17.158 kasus.

Adapun untuk pasien meninggal ada penambahan 1 kasus, membuat akumulasi pasien meninggal Covid-19 kini menjadi 594 kasus. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Zairin Zain Dikabarkan Positif Covid-19, Tetangga Tak Tahu, Sarwono: Konfirmasi Langsung

News

Temukan Tambahan Petunjuk soal Berita Hoaks yang Menimpanya, Andi Harun Datangi Polresta Samarinda

News

Kluster Perusahaan Masih Mendominasi di Balikpapan, Pemerintah Bentuk Satgas Terpadu

News

Survei Belajar Tatap Muka di Samarinda, Sebanyak 83 Persen Orang Tua Menyatakan Setuju

News

Kasus Covid-19 Terus Mengalami Peningkatan, Kaltim Berada di Peringkat 6 Indonesia

News

Ujian Nasional Bakal Ditiadakan Mulai Tahun Depan, Begini Respon Disdik Kota Samarinda

News

Razia Pencegahan Covid-19 di Samarinda, 39 Orang Dihukum Push-up dan Didata

News

Laporan Kasus Harian Bikin Cemas, Kaltim Peringkat Dua Penambahan Kasus Baru Positif Covid-19