Home / Politik

Saturday, 5 December 2020 - 06:00 WIB

Hasil Survei LSI dengan JIP Menangkan Andi Harun-Rusmadi, Punya Persentase Tinggi di Pilkada Samarinda

Pasangan Andi Harun-Rusmadi. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

Pasangan Andi Harun-Rusmadi. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Jumat (4/12/2020), Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bekerja sama dengan Jaringan Isu Politik (JIP) merilis hasil survei dan analisis Pemilihan Wali Kota Samarinda 2020. Rilis survei dilakukan di Bagio’s Cafe & Resto Jalan Cempaka, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota.

Dari survei yang ditemukan LSI bersama JIP, persentase kemenangan pasangan calon nomor urut 2, Andi Harun-Rusmadi jauh ungguli pasangan calon lain. Peneliti LSI, Fadli Fakhri Fauzan memaparkan, sampel yang digunakan LSI dan JIP sebanyak 440 orang dengan margin of error sebesar 4,8 persen.

Dari hasil survei posisi dukungan, pasangan calon Andi Harun-Rusmadi jauh mengungguli pasangan calon Muhammad Barkati-Darlis Pattalongi dan Zairin Zain-Sarwono. Andi Harun-Rusmadi 40,9 persen, Barkati-Darlis 23,6 persen, Zairin Zain-Sarwono 21,4 persen, rahasia 3,9 persen, dan tidak tahu 10,2 persen.

“Dukungan pasangan calon Andi Harun-Rusmadi jauh unggul, persentase menangnya tinggi,” ujar Fadli saat memaparkan hasil survei.

Survei berikutnya dari pemilih militan kandidat. Pasangan calon Andi Harun-Rusmadi mendapat dukungan sebesar 34,1 persen, disusul urutan kedua Barkati-Darlis 18,9 persen, dan urutan ketiga Zairin-Sarwono 16,6 persen, swing voters atau suara yang belum memutuskan sebesar 30,4 persen.

“Dinamika politik rasa-rasanya tidak ada perubahan kalau tidak ada gerakan untuk mengubah. Jumlah pemilih loyal ada yang sudah mantap atau masih menimang-nimang, angka ini masih bisa berubah tergantung isu berapa masing-masing angka pemilih loyal,” tutupnya.

Dalam rilisnya, Fadli memaparkan, pasangan Andi Harun-Rusmadi unggul di seluruh daerah pemilihan (dapil) di Samarinda, dengan basis suara di dapil 1 (Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Sambutan), dapil 2 (Samarinda Seberang, Loa Janan Ilir, Palaran), dapil 3 (Sungai Kunjang), dapil 5 (Samarinda Utara, Sungai Pinang).

Baca Juga:  Surat Suara Rusak Tembus Angka 17 Ribuan, Ketua KPU Samarinda Bantah Adanya Kecurangan

“Kalau kami lihat, basis suara Andi Harun-Rusmadi berada di hampir seluruh dapil. Yakni dapil 1, dapil 2, dapil 3, dan dapil 5,” kata Fadli Fakhri Fauzan.

Di dapil 1, Andi Harun-Rusmadi unggul dengan perolehan suara 48,9 persen, sementara Barkati-Darlis mendulang dukungan 22,2 persen, dan Zairin-Sarwono mendulang 23,3 persen.

Di dapil 2, Andi Harun-Rusmadi juga unggul jauh dengan raihan 46 persen, sementara dua pesaing lainnya meraih 23 dan 19 persen. Di dapil 3 Andi Harun-Rusmadi masih melanjutkan dominasinya, dengan raihan 41,4 persen.

Dapil 4, perolehan dukungan hasil survei nyaris sama rata di tiga pasangan calon. Andi Harun-Rusmadi unggul tipis dengan dukungan 31,4 persen. Dua kandidat lain memperoleh hasil sama 30 persen.

“Di dapil 4 hampir sama kekuatannya untuk ketiga calon, semua calon masih berimbang,” jelasnya.

Di dapil 5, akan menyajikan pertarungan yang makin seru. Meski Andi Harun-Rusmadi unggul dengan raihan 35,5 persen, sementara dua kandidat lain teringgal cukup jauh, dengan masing-masing 18,2 persen dan 20,9 persen.

Pertarungan di dapil 5 ini, akan semakin sengit lantaran ada 19,9 persen warga yang belum menentukan pilihannya. “Yang paling banyak belum memutuskan ada di dapil 5, ada 19,9 persen,” tegasnya.

“Ini jadi bukti, di dapil ini jadi ajang pertarungan ketiga calon untuk meraih suara, karena paling banyak warga yang belum memutuskan pilihan politiknya,” sambungnya.

Sementara itu, Andi Harun, bersyukur hasil rilis survei, dirinya bersama Rusmadi unggul di lima daerah pemilihan.

Menanggapi tiga kecamatan yang masih menjadi zona rebutan ketiga pasangan calon, pihaknya akan menurunkan segala instrumen pendukung di tiga daerah tersebut.

“Kami bersyukur ada temuan itu, sehingga relawan dan pengurus partai politik dan tim yang berada di wilayah tersebut akan kami maksimalkan lagi dalam sisa waktu terakhir,” ungkap Andi Harun, ditemui di kantor DPD Partai Gerindra Kaltim, Jumat (4/12/2020). (***)

Baca Juga:  Balikpapan dan Kukar Diikuti Satu Pasangan, Ini Potensi Sengketa yang Terjadi

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Opera van Kukar, Awang Yacoub yang Patah Hati Usai Dicampakkan PAN

Politik

Pilkada Samarinda: PDI Perjuangan All Out Menangkan Andi Harun-Rusmadi

Politik

Status Ijazah Mahyunadi Digoreng Jadi Isu Politik, Ini Jawaban Sang Kakak

Politik

PDI Perjuangan Kaltim Gelar Rakerda di Balikpapan, Bidik Kemenangan di Pesta Demokrasi 2024

Politik

Gerindra Usung Nama-Nama Ini untuk Pilkada di Kaltim, Siapa Saja?

Politik

Warga Desa Marukangan Keluhkan Jaringan Telekomunikasi, Mahyunadi-Kinsu Pastikan Terkoneksi

Politik

Silaturahmi dengan Warga Desa Sangatta Utara, Mahyunadi-Kinsu Dorong Tumbuhnya UMKM dan Koperasi

Politik

Adi Darma Wafat, Jadi Calon Kepala Daerah Kedua yang Mangkat Karena Covid-19