Home / News

Saturday, 5 December 2020 - 06:00 WIB

Persentase Testing Tinggi, Kaltim Masuk Daerah Terapkan Standar WHO di Penanganan Covid-19

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Update Covid-19 Indonesia hingga Kaltim. Jumlah tes virus corona yang dilakukan Indonesia sudah semakin mendekati rekomendasi oganisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO). Saat ini, persentase jumlah testing sudah mencapai 90,64 persen.

Hal ini dijelaskan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Dia juga mengungkapkan, capaian tersebut jika diasumsikan populasi Indonesia 267 juta jiwa dan pemeriksaan PCR Covid-19 kepada 267 ribu orang per minggu.

“Jumlah testing yang sudah dilakukan semakin mendekati target dari WHO, yaitu sekarang sudah mencapai 90,64 persen. Capaian ini juga tidak lepas dari peran provinsi-provinsi,” ujar Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel Sekretariat Presiden, Kamis (3/12/2020).

Wiku menyebut, selama satu bulan terakhir, ada 16 provinsi yang pernah mencapai standar testing WHO. Dari belasan provinsi tersebut, ada tiga provinsi yang konsisten mencapai standar dalam lima minggu terakhir.

“Dari 16 provinsi tersebut, terdapat tiga provinsi yang konsisten mencapai standar dalam lima minggu terakhir, yaitu DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Papua. Saya mengapresiasi upaya keras yang sudah dilakukan oleh 16 provinsi ini, sehingga jumlah testing di tingkat nasional semakin mendekati target WHO,” tambahnya.

Wiku meminta agar semua pihak jangan lelah dan terus pertahankan capaian positif ini. Ia pun berharap provinsi-provinsi lain  mampu mencapai standar testing WHO dan tracing harus tetap dilakukan dengan optimal.

“Namun tetap saya ingatkan agar jangan lelah dan terus pertahankan capaian ini. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi, bahkan 34 provinsi mampu mencapai standar pemeriksaan sesuai standar dunia,” ujar dia.

Hal yang dapat dilakukan, kata dia, ialah dengan mengoptimalisasi tracing jika salah satu kasus positif telah dideteksi. Maka segera mendata kontak kasus tersebut dan melakukan testing lanjutan. (***)

Baca Juga:  Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un, Bocah 10 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Unmul

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Bawaslu Bontang Bubarkan Kegiatan LSI Denny JA, Dianggap Tak Terdaftar di KPU dan Melanggar PKPU

News

Isu Penyebaran Covid-19 lewat Seprai Menyeruak dan Handuk, Begini Penjelasan dari PHRI Kaltim

News

Demo Omnibus Law di Samarinda dan Balikpapan, Lantunkan Selawat hingga Gelar Aksi Teatrikal

News

Mahasiswa Cium Aroma Rasuah di Proyek Bendungan Marang Kayu, Begini Respon Pemprov Kaltim

News

Dilarang Gelar Resepsi Pernikahan di Balikpapan, Meski Sudah Pegang Izin Tetap Ditunda

News

Pasien Terpapar Covid-19 di Berau Melonjak, Kini Delapan Daerah di Kaltim Masuk Zona Merah

News

Sudah Berjalan Dua Minggu, Pelanggaran Perwali di Balikpapan Masih Tinggi

News

394 Orang Terpapar Covid-19 pada Akhir Pekan, Tujuh Orang Dilaporkan Meninggal Dunia