Home / News

Sunday, 6 December 2020 - 06:00 WIB

Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Kaltim Lebih 600, Masyarakat Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Per Jumat (4/12/2020), angka kematian positif Covid-19 di Kaltim telah melebihi 600 kasus. Secara persentase tertinggi, hal ini dipicu oleh penyakit komorbid yang memang diderita pasien sebelum terinfeksi virus beralias

corona. Warga pun diminta semakin waspada sebab penyebaran virus ini belum berakhir. “Kesadaran dan kepedulian masyarakat lah kunci utama untuk menekan angka-angka ini,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak.

Diketahui, berdasarkan rilis ada penambahan pada Jumat (4/12/2020), sebanyak 231 kasus positif Covid-19. Membuat akumulasi kasus positif di kaltim telah mencapai 20.595. Dengan tingkat kesembuhan 84,8 persen dan kematian 2,9 persen. Hingga pukul 15.00 Wita, kasus positif di Kaltim terlapor dari seluruh 10 kabupaten/kota di provinsi ini.

Meliputi Berau 11 kasus, Kutai Barat (Kubar) dua kasus, Kutai Kartanegara (Kukar) 89 kasus, Kutai Timur (Kutim) 25 kasus, dan Mahakam Ulu (Mahulu) satu kasus. Selain itu ada Paser 18 kasus, Penajam Paser Utara (PPU) satu kasus, Balikpapan 33 kasus, Bontang 24 kasus, dan Samarinda 27 kasus.

Dengan tambahan tersebut, angka kasus per 100 ribu penduduk di Kaltim saat ini sudah mencapai 553,4. Dengan positive rate sebanyak 15,9 persen dari kasus yang diperiksa.

“Masyarakat jangan pernah ada kata bosan melakukan kebiasaan ini. Sebab, inilah upaya efektif bersama menekan penyebaran dan penularan virus corona,” harapnya.

Dengan gerakan 3M, Drs H Safaruddin mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Pudink/Wayout.id)

Sementara itu, untuk pasien dilaporkan sembuh sebanyak 132 orang. Terdiri dari Berau dua kasus, Kukar 17 kasus, Kutim 15 kasus, dan Paser sembilan kasus. Diikuti PPU satu kasus, Balikpapan 23 kasus, Bontang 24 kasus, dan Samarinda 41 kasus.

Baca Juga:  Dua Mahasiswa Jadi Tersangka Aksi Demonstrasi UU Cipta Kerja, Tiga Anggota Dewan Datangi Kepolisian

Total kasus sembuh di Kaltim hingga saat ini mencapai 17.472. Sementara pasien meninggal dunia, telah mencapai 602 dengan tambahan lima kasus. Terdiri dari Balikpapan tiga kasus, Kubar satu kasus, dan Kutim satu kasus. Menyisakan 2.521 kasus masih berstatus aktif, atau dalam perawatan maupun isolasi.

Kasus Covid-19 yang masih tinggi pun menjadi perhatian serius Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Ini ia sampaikan saat dirinya menerima kunjungan pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dipimpin dr Cut Putri Arianie selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular atau P2PTM.

“Terima kasih sudah memberikan penjelasan secara rinci tentang besarnya pengaruh komorbid terhadap kematian pasien Covid-19. Kami dukung program ini untuk mencegah kasus ini semakin parah,” kata Isran. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Pria 40 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Samarinda, Kondisi Jasadnya Sudah Sangat Memprihatinkan

News

Masyarakat Harus Waspada, Kaltim Berada di Posisi Tujuh Kasus Positif Covid-19 Terbanyak di Indonesia

News

109 Dokter Meninggal Akibat Covid-19, Tiga di Antaranya dari Kaltim

News

Terjerat Pajak Bodong, Pengusaha Kaltim Rugikan Negara hingga Rp 2,9 Miliar

News

Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Indonesia, Kuota untuk Kota Samarinda Masih Belum Diketahui

News

Dibubarkan Pemerintah, Polisi di Balikpapan dan Samarinda Tegas Tak Biarkan Atribut FPI Terlihat

News

Presiden Segera Keluarkan Keppres soal Cuti Bersama, Libur Akhir Tahun ASN BIsa Saja Dikurangi

News

Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Samarinda, THM Dilarang Beroperasi hingga 8 Oktober