Home / News

Tuesday, 8 December 2020 - 06:00 WIB

1,2 Juta Vaksin Covid-19 Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Pemprov Kaltim Belum Tahu Kuota Diterima

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Kabar baik soal penanganan Covid-19 di Indonesia, termasuk pula di Kaltim. Hal ini usai sekitar 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Bandara Soekarno Hatta, Minggu malam (6/12/2020) kemarin.

Sebelum digunakan, vaksin akan disimpan sambail menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kaltim belum diketahui apakah akan mendapat jatah dari kedatangan dosis vaksin pertama ini.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengungkapkan, jumlah 1,2 juta dosis vaksin tersebut masih terbilang sedikit. Untuk itu, dirinya menyebut akan menunggu kloter pengiriman vaksin selanjutnya.

“1,2 juta dosis vaksin masih sedikit. Januari datang lagi. Ini kan bentuk jadi, juga nanti ada tiga puluh juta bahan baku tentu kami akan meminta,” ungkap Hadi, ditemui Senin (7/12/2020).

Hadi menegaskan, dengan 1,2 juta vaksin kloter pertama, belum memenuhi kebutuhan warga Kaltim, yang diprediksi pada Tahun 2020 ini mencapai 3,6 juta jiwa. Untuk itu, Pemprov Kaltim masih akan setia menunggu seluruh vaksin lengkap dimiliki Pemerintah RI.

“Kami akan minta, itu pun kalau datangnya lengkap. Ini karena belum datang lengkap. Ini baru sejuta dosis, penduduk Indonesia sekitar 270 juta. Akan ada skala prioritas, seperti tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan satgas Covid-19,” tegasnya.

Diketahui, usai kedatangam 1,2 juta dosis vaksin di kloter pertama, pemerintah pusat saat ini juga mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba pada awal Januari 2021.

Selain vaksin jadi di atas, Desember ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin, dan pada Januari tahun depan datang pula 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku. Bahan vaksin tersebut selanjutnya akan diproses menjadi vaksin jadi oleh Bio Farma.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Belum Juga Berakhir, Samarinda Perpanjang Masa Tanggap Darurat

Meski baru dapat 1,2 juta vaksin, DPRD Kaltim berharap Kaltim juga turut mendapat jatah vaksin di pengiriman pertama tersebut. Hal itu ditegaskan oleh wakil ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo.

“Harus diperjuangkan, karena Kaltim ini kan bagian dari Indonesia. Masa kita enggak dapat, ya kan,” katanya.

DPRD mendesak Pemprov Kaltim untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat, agar Bumi Mulawarman turut menerima jatah dosis vaksin. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Akhirnya Kasus Covid-19 di Samarinda Mulai Melandai, Dua Kecamatan Telah Masuk Zona Kuning

News

Masyarakat Harus Waspada, Kaltim Berada di Posisi Tujuh Kasus Positif Covid-19 Terbanyak di Indonesia

News

55 Orang Diperiksa Bawaslu Samarinda, Kira-Kira Ada Masalah Apa Ya…

News

Sidang Perdana Kasus Rasuah PT AKU, Terungkap Modus Adanya Sembilan Perusahaan Fiktif

News

Kasus Rasuah Mantan Bupati Kutim, Ismunandar Uang untuk Modal Pilkada

News

Kasus Covid-19 di Kaltim Terus Mengalami Peningkatan, 375 Orang Kembali Terpapar Virus

News

Angka Pasien Covid-19 di Kaltim Tak Sampai 2 Ribu Orang, Wali Kota Samarinda Positif Terpapar

News

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Satu Ruangan di Kantor DPRD Kaltim Diamuk Jago Merah