Home / Politik

Thursday, 10 December 2020 - 06:00 WIB

LSI-JIP Rilis Hasil Quick Count Pilkada Samarinda, Pasangan Andi Harun-Rusmadi Dinyatakan Menang

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun-Rusmadi menyampaikan sambutan usai rilis quick count. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun-Rusmadi menyampaikan sambutan usai rilis quick count. (Satria Mega Dirgantara/Wayout.id)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda nomor urut dua, Andi Harun-Rusmadi dinyatakan memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada) versi quick count alias hitung cepat. Survei dirilis oleh Lingkaran Survei Indonesia Denny JA bekerja sama dengan Jaringan Isu Publik (LSI-JIP).

Andi Harun-Rusmadi menang dengan persentase 35,64 persen, unggul tipis asal pasangan calon nomor urut tiga, Zairin Zain-Sarwono yang meraih 34,30 persen. Sementara pasangan calon nomor urut satu, Muhammad Barkati-Darlis Pattalongi berada di tempat ketiga dengan 30,06 persen.

“Data yang kita ambil dari TPS (tempat pemungutan suara). Sampel sebanyak 325 dari 1962 TPS di Samarinda dengan margin of error hanya 1 persen,” beber Fadli Fakhri Fauzan, tim peneliti LSI-JIP dalam keterangan persnya, Rabu (9/12/2020).

Dari total keseluruhan angka yang dihimpun LSI-JIP, hasil quick count tidak memiliki banyak perubahan.

“Artinya survei yang semula hanya opini hari ini, ketika dihitung menggunakan data riil para relawan yang kami tugaskan di TPS, maka pasangan calon Andi Harun-Rusmadi masih unggul,” ujarnya.

Lanjut Fadli, pihaknya masih menunggu hasil real count dari penyelenggara resmi pesta demokrasi di Kota Tepian. “Meskipun begitu kita masih akan tunggu hasil real count dari KPU (Komisi Pemilihan Umum),” pungkasnya.

Selanjutnya, informasi yang dihimpun, terdata bahwa Andi Harun-Rusmadi unggul di enam dari 10 kecamatan di Samarinda. Hal itu berdasarkan rekapitulasi tingkat kecamatan yang berhasil dikumpulkan tim redaksi.

Data yang dihimpun media ini tercatat, pada TPS bernomor 26 di Kecamatan Samarinda Ilir, Zairin-Sarwono mendapatkan poling sebanyak sembilan suara. Sementara Barkati-Darlis mengantongi 19 dukungan suara. Sedangkan Andi Harun-Rusmadi mengantongi dukungan terbanyak, yakni 267 suara.

Baca Juga:  60 Persen Ketua RT di Paser Dukung Sulaiman-Ikhwan, Programkan Bantuan Sepeda Motor

Selain itu, penghitungan suara di TPS 17 Kecamatan Sungai Kunjang, Andi Harun-Rusmadi jauh mengungguli pesaingnya. Pasangan ini mendapatkan 114 suara, jauh melewati Zairin-Sarwono dengan 17 suara dan Barkati-Darlis dengan 54 suara.

Di TPS 11 Kecamatan Samarinda Utara pun demikian, Andi-Harun begitu perkasa dengan 134 suara. Unggul jauh atas Zairin-Sarwono dengan 20 suara dan Barkati-Darlis dengan 36 suara.

Tak jauh berbeda dengan tiga kecamatan di atas, pada TPS 4 Kecamatan Samarinda Ilir, Andi Harun-Rusmadi menang telak. Mendapatkan 139 suara, sekaligus meninggalkan Zairin-Sarwono dengan 11 suara dan Barkati-Darlis 24 suara.

Di TPS 06 Kecamatan Samarinda Seberang. Andi Harun-Rusmadi meraup 112 suara, disusul Zairin-Sarwono dengan 26 suara, dan Barkati-Darlis 21 suara.  Sedangkan di TPS Kecamatan Palaran, lagi-lagi Andi Harun-Rusmadi menang telak dengan mengumpulkan 149 suara, jauh melampaui Zairin-Sarwono 14 suara dan Barkati-Darlis 27 suara. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Mendagri-KPU Sepakati Revisi PKPU soal Kerumunan, KPU Kaltim Minta Penyelenggara Disiplin

Politik

Bersama Sulaiman Eva Merukh-Ikhwan Wirawan, Mari Kita Wujudkan Kabupaten Paser Beriman

Politik

Adi Darma Wafat, Jadi Calon Kepala Daerah Kedua yang Mangkat Karena Covid-19

Politik

Safaruddin untuk Masyarakat Kaltim: Isra Mikraj Bukti Kuasa dan Kebesaran Allah SWT

Politik

Gelar Konsolidasi Sekaligus Silaturahmi, Pengurus dan Kader PPP Wajib Menangkan Sulaiman-Ikhwan

Politik

Dugaan ASN Langgar Netralitas di Pilkada, Bawaslu Samarinda Belum Terima Jawaban Inspektorat

Politik

Tim Pemenangan Zairin-Sarwono Dipanggil Bawaslu Samarinda, Terkait Dugaan Kampanye Berkedok Bagi Sembako

Politik

Satukan Tekad untuk Membawa Perubahan di Kutim, Generasi Milenial Deklarasi Menangkan Mahyunadi-Kinsu