Home / Politik

Wednesday, 16 December 2020 - 06:00 WIB

Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Samarinda, Pengamanan Berlapis dari Polisi

Jajaran Polresta Samarinda saat melakukan gelar pasukan. (ist)

Jajaran Polresta Samarinda saat melakukan gelar pasukan. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Menjelang sidang pleno penghitungan suara tingkat Kota Samarinda, panitia penyelenggara maupun aparat keamaan saat ini tengah disibukan dengan seluruh persiapannya.

Sidang pleno dijadwalkan digelar, Rabu (16/12/2020) hari ini di Hotel Senyiur, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota.

Kabag Ops Polresta Samarinda, Kompol Ahmad Andi Suryadi mengatakan, jajarannya akan berfokus melakukan sterilisasi serta pengamanan berlapis di sekitaran Hotel Senyiur.

“Pasti akan dilakukan sterilisasi, terlebih kami mendapatkan bantuan pengamanan dari Brimob Polda Kaltim,” ucap Andi, Selasa (15/12/2020).

Tak hanya pengmanan dan sterilisasi area Hotel Senyiur, lanjut Andi, pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan pihak hotel untuk melakukan penyekatan ruangan. Tujuannya jelas untuk lebih memudahkannya pengamanan. Penyekatan pun akan dilakukan mulai dari area parkir hingga di ruang sidang pleno dilakukan.

“Yang tidak berkepentingan akan dilarang masuk. Karena di hotel ini kan banyak tamu yang lain bukan hanya kegiatan pilkada (pemilihan kepala daerah),” imbuhnya.

Sementara untuk jumlah personel yang akan bertugas, masih tetap sebanyak 324 personel jajaran Polresta Samarinda dan 80 personel jajaran Brimob Polda Kaltim. Jumlah itu belum termasuk pengamanan dari TNI dan Satuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Samarinda.

Nantinya jajaran pengamanan dalam (pamdal) hotel akan bergabung bersama personel Korps Bhayangkara guna bersama-sama mengamankan jalannya rapat pleno.

Selain pola pengamanan dan satuan yang terlibat, Andi juga menuturkan nantinya di dalam ruang sidang pleno akan dibatasi jumlahnya. Hal ini sebab berkaitan erat dengan protokol kesehatan yang telah direkomendasikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Samarinda.

“Jumlah orangnya tentu dibatasi. Baik itu penyelenggara pemilu, petugas pleno dan saksi semua akan dibatasi,” pungkasnya. (***)

Baca Juga:  LSI-JIP Rilis Hasil Quick Count Pilkada Samarinda, Pasangan Andi Harun-Rusmadi Dinyatakan Menang

 

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Tim Pemenangan Zairin-Sarwono Dipanggil Bawaslu Samarinda, Terkait Dugaan Kampanye Berkedok Bagi Sembako

Politik

Tak Dukung Calon yang Diusung Partainya, Kader PDI Perjuangan Bakal Kena Sanksi

Politik

Warga Kampung Tator Siap Menangkan Mahyunadi-Kinsu, Komitmen Benahi Infrastruktur Kutim

Politik

Dugaan Black Campaign Serang Mahyunadi, Kesbangpol Kaltim: LSM Kompak Belum Terdaftar

Politik

Pilih Nomor Dua! Berikut Visi, Misi, dan Program Neni Moerniaeni-Joni Muslim untuk Kota Bontang

Politik

Adi Darma, Calon Wali Kota Bontang Positif Covid-19

Politik

Langgar Protokol Kesehatan, Tiga Calon Petahana di Kaltim Disemprit Mendagri

Politik

Barkati-Darlis Terakhir Mendaftar, Pilkada Samarinda Diikuti Tiga Kontestan