Home / Politik

Friday, 18 December 2020 - 06:00 WIB

Selesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara, KPU Samarinda Bersiap Memasuki Tahapan Lanjutan

Firman Hidayat. (ist)

Firman Hidayat. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Proses pleno rekapitulasi suara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samarinda telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pun bersiap untuk memasuki tahapan berikutnya. Di antaranya, terkait sengketa pilkada yang akan dilayangkan salah satu pasangan calon.

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa alat bukti jika memang ada hal-hal yang dianggap menyimpang pada penyelenggaraan pilkada.

“Kami sebenarnya sudah menyiapkan banyak bukti. Kami punya bukti autentik. Kami punya bukti digital. Kami punya materi-materi gugatan lain yang akan muncul di Mahkamah Konstitusi,” beber Firman, Kamis (17/12/2020).

Hingga saat ini, kata Firman, pihak penggugat yang diwakili saksi pasangan nomor urut 03, Zairin Zain-Sarwono menyoal tentang banyaknya surat suara tidak sah yang mencapai angka 17.475.

Namun, hingga sampai penghitungan suara di tingkat kota, penggugat tidak melampirkan bukti-bukti penguat yang akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI

“Nah kalau sepanjang jalannya pleno sejauh ini tidak ada data yang dilengkapi. Memang ada catatan kami surat suara tidak sah mencapai 17.475. Tapi apakah angka itu pelanggaran tidak bisa ditunjukkan oleh saksi pasangan calon nomor urut 03. Artinya, mereka bermain pada asumsi, tidak pada tataran pembuktian secara konkrit,” ujar Firman.

Sebagai informasi, rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil Pilkada Samarinda yang digelar KPU Kota Samarinda telah mendapatkan hasil akhir. Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda nomor urut 02, Andi Harun-Rusmadi unggul dengan perolehan suara sebanyak 102.592 suara atau 36,11 persen.

Disusul pasangan nomor urut 03 Zairin-Sarwono sebanyak 98.245 atau 34,58 persen dan di posisi ketiga pasangan nomor urut 01 Barkati-Darlis memperoleh suara sebanyak 83.243 atau 29,30 persen.

Baca Juga:  Kendati Jembatan Pulau Balang Sudah Tersambung, Akses Jalan Pendekat Terhambat Pembebasan Lahan

Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat kota tersebut,  pasangan Andi Harun-Rusmadi dipastikan menang di Pilkada Samarinda 2020. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

7 Hari Mencari Pengganti Muharram, PKS Kocok Ulang Kandidat di Pilkada Berau

Politik

Vaksinasi Dosis Kedua di Parlemen Dilakukan, Safaruddin: Waspada Kemungkinan Embargo

Politik

Kunjungi Desa Benhes dan Muara Wahau, Mahyunadi-Kinsu Pastikan Kebutuhan Dasar Masyarakat Terpenuhi

Politik

Amankan Jalannya Pilkada di Kaltim, Berikut Fokus Pengamanan Polisi

Politik

Bontang Unggul di Tangan Basri Rase-Najirah Adi Darma, Peningkatan Kualitas SDM Secara Menyeluruh

Politik

Dugaan Pelanggaran Kampanye Barkati-Darlis, Ini Langkah Bawaslu Samarinda

Politik

Status Ijazah Mahyunadi Digoreng Jadi Isu Politik, Ini Jawaban Sang Kakak

Politik

Warga Desa Long Segar Sambut Kedatangan Mahyunadi-Kinsu, Berharap Agar Kutim Makin Maju