Home / Politik

Tuesday, 22 December 2020 - 06:00 WIB

Anggap Tak Penuhi Syarat Formil, Zairin-Sarwono Urung Lakukan Gugatan ke Mahkamah Konstitusi

Suasana konferensi pers yang dilakukan pasangan Zairin-Sarwono, Senin (21/12/2020) siang. (Satria Mega Dirgatara/Wayout.id)

Suasana konferensi pers yang dilakukan pasangan Zairin-Sarwono, Senin (21/12/2020) siang. (Satria Mega Dirgatara/Wayout.id)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Beberapa waktu tersiar informasi akan diajukannya gugatan ke Mahkamah Konstitusi dari salah satu pasangan calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Samarinda. Namun, kabar tersebut akhirnya terjelaskan pada Senin (21/12/2020).

Hal ini usai pasangan calon nomor urut 03, Zairin Zain-Sarwono mengakui kemenangan pasangan Andi Harun-Rusmadi. Pasangan calon nomor urut 03 itu pun menyampaikan urung untuk melakukan gugatan.

Pernyataan tersebut disampaikan di depan seluruh  pendukung pasangan calon 03 dan awak media di tempat pemancingan umum milik Zairin, Senin (21/22/2020).

“Relawan bisa menyampaikan kepada masyarakat bagaimana status kita hari ini. Kami melihat dari berbagai masukan data dan sebagainya, dari orang-orang pintar yang biasa menangani pilkada seperti ini untuk minta kita mempertimbangkan sebenar-benarnya jangan sampai kita salah melangkah,” tutur Zairin kepada awak media.

Dari analisis tim, kata Zairin, rencana gugatan sengketa pilkada yang semula akan dilayangkan tidak memenuhi syarat formil berdasarkan aturan Mahkamah Konstitusi.

“Melihat dari itu, peraturan yang ada selisih antarpasangan calon itu 1,53 persen dan tuntutan kita untuk masuk ke Mahkamah Konstitusi tidak lebih dari 1 persen baru bisa. Dengan paling tidak kami mencoba melihat apa yang terjadi saat ini pasti ketika laporan disampaikan ke Mahkamah Konstitusi pasti akan di tolak. Itulah yang kami pertimbangkan kemarin,” katanya.

Selain itu, poin-poin dugaan pelanggaran pilkada yang sempat dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda, para saksi juga tidak  mendapatkan bukti autentik.

“Dari sisi masukan masalah-masalah yang ada kita juga tidak mendapatkan bukti autentik. Di mana kejadian, jam berapa, sehingga kami mencari itu tidak mendapatkan apa-apa. Kesulitan kita di situ. Ada juga masukan dari kegiatan yang ada juga tidak bisa ditemukan. Hanya foto-foto seperti itu saja. Sebab itu tuntutan kita ke Mahkamah Konstitusi kita batalkan. Selain itu data-data pendukung kita kurang,” ungkapnya.

Baca Juga:  Seri Terbaru Resmi Meluncur, Yuk Intip Spesifikasi serta Harga Vivo V20 dan V20 SE

Sementara itu, Sarwono saat ditanya apakah sudah legawa dengan hasil akhir pilkada hanya menyerahkan seluruhnya kepada pihak penyelenggara.

“Ya begitu, kita serahkan aja ke pihak penyelenggara, KPU (Komisi Pemilihan Umum) kita supaya ini bisa diumumkan nanti pemenangannya,” ucapnya.

Disinggung kapan akan memberikan ucapan selamat kepada wali dan wakil wali kota terpilih, Sarwono tidak ingin buru-buru menjawab.

“Tunggu dulu belum ada keputusan,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Samarinda telah melakukan rapat pleno untuk penghitungan suara di Pilkada Samarinda.

Pada akhirnya, pasangan calon nomor urut 1, Muhammad Barkati-Darlis Pattalongi memperoleh suara sebanyak 83.243. Kemudian pasangan calon nomor urut 2, Andi Harun-Rusmadi sebanyak 102.592. Sedangkan pasangan calon nomor urut 3, Zairin-Sarwono sebanyak 98.245. Berdasarkan jumlah perolehan suara itu, Andi Harun-Rusmadi memiliki suara terbanyak dan terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Mahyunadi-Kinsu Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur, Pastikan Seluruh Jalanan di Kutim Mulus

Politik

Warga Desa Sandaran Inginkan Jalan Mulus, Mahyunadi-Kinsu Pastikan Infrastrukur Terpenuhi

Politik

Surat Suara Rusak Tembus Angka 17 Ribuan, Ketua KPU Samarinda Bantah Adanya Kecurangan

Politik

Deretan Program Kerja Mahyunadi-Kinsu untuk Kutim Makin Maju, 9 Desember Coblos Nomor Satu

Politik

Rumah Jabatan Belum Ditempati Ketua Dewan, DPRD Samarinda Sebut Sudah Temui Pihak Terkait

Politik

Mahyunadi-Kinsu Blusukan ke Pasar Rakyat Sangkulirang, Disambut Meriah Pedagang dan Pengunjung

Politik

Penertiban Alat Peraga Kampanye di Samarinda, Tim Barkati-Darlis Tak Hadir

Politik

Basri Rase-Najirah Adi Darma Komitmen Wujudkan Bontang Berseri, Wujud Pengabdian untuk Kota Taman