Home / News

Thursday, 24 December 2020 - 06:00 WIB

Puluhan Staf KPU Samarinda Dinyatakan Positif Covid-19, Kaltim Tambah 418 Kasus Baru

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Proses pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samarinda telah usai dilakukan pada 9 Desember lalu. Pleno rekapitulasi suara pun juga sudah rampung dilakukan dengan hasil perolehan suara tertinggi ada pada pasangan calon nomor urut 02, Andi Harun-Rusmadi.

Usai pencoblosan itu, kabar duka menimpa. 25 staf dan dua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda dinyatakan positif Covid-19 usia helatan pesta demokrasi.

Komisioner KPU Samarinda, Ikhsan Hasani mengatakan, jumlah tersebut diketahui setelah dilakukan tes swab secara maraton beberapa hari terakhir.

“Saya sendiri swab tanggal 15 Desember. Setelah itu ada lagi swab lagi rutin. Hasilnya, 25 staf dan dua komisioner positif Covid-19 saat ini,” katanya kepada awak media, Rabu (23/12/2020).

Sementara, untuk tiga komisioner lain dinyatakan negatif Covid-19, termasuk ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat. Oleh karena itu, ketiganya bisa memimpin rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota pekan lalu.

Sementara bagi staf yang positif Covid-19, sekitar 10 orang menjalani perawatan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kaltim karena memiliki gejala sakit.

Sisanya yang tanpa gejala menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Untuk sterilisasi kantor KPU, saat ini tim dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda sudah melakukan penyemprotan.

“Sebagian staf bagian keuangan masih urus laporan keuangan dan mereka masuk kantor karena ini sudah akhir. Sementara kami sudah kerja dari rumah,” katanya.

Dengan gerakan 3M, Drs H Safaruddin mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Pudink/Wayout.id)

Kaltim Tambah 418 Kasus Baru di 23 Desember 2020

Sementara itu, per Rabu (23/12/2020), kasus Covid-19 kembali meledak di Bumi Mulawarman. Ada penambahan sebanyak 418 kasus baru. Penambahan ini menjadi salah satu yang terbesar dari penambahan kasus harian Covid-19. Hingga saat ini total kasus Covid-19 mencapai 24.891 kasus.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Petugas Bandara APT Pranoto Samarinda Jalan Tes Swab Massal

Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, tak henti-hentinya mengingatkan warga mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, Isran Noor menegaskan, masyarakat Kaltim jangan pernah menganggap remeh virus beralias corona itu.

Warga pun secara tegas diminta disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni selalu pakai masker, menjaga jarak aman, dan biasakan mencuci tangan pakai sabun.

“Tolong, tegakan protokol kesehatan. Jangan abai, jangan lengah. Jaga kita semua. Jangan merasa sakti dengan Covid-19,” ungkap Isran. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Akhirnya Kasus Covid-19 di Samarinda Mulai Melandai, Dua Kecamatan Telah Masuk Zona Kuning

News

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Satu Ruangan di Kantor DPRD Kaltim Diamuk Jago Merah

News

Mulai Menunjukkan Tren Positif, Angka Pasien Covid-19 yang Sembuh di Kaltim Mencapai 83,7 Persen

News

Demo Tolak Omnibus Law di Samarinda, Puluhan Pelajar Diamankan Polisi

News

Update Covid-19 di Kaltim 24 September 2020, Ada Penambahan 195 Pasien Positif

News

Presiden Segera Keluarkan Keppres soal Cuti Bersama, Libur Akhir Tahun ASN BIsa Saja Dikurangi

News

Samarinda Belum Beranjak dari Zona Oranye, Jumlah Pasien Terpapar Covid-19 Malah Terus Meningkat

News

Proyek MYC Pemprov Diduga Tak Punya Amdal dan Kajian Teknis, Usulan Kurang Diterima Kemendagri