Home / Destinasi

Wednesday, 30 December 2020 - 06:00 WIB

33 Hotel dan 44 Restoran di Samarinda Terima Bantuan, Bersumber dari Dana Hibah Pariwisata

Salah satu hotel di Samarinda. (ist)

Salah satu hotel di Samarinda. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Beragam bantuan pemerintah dikucurkan di tengah pandemi Covid-19. Selain untuk masyarakat dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga menggelontorkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 3,3 triliun bagi pelaku usaha hotel, restoran, dan pemerintah daerah.

Dana tersebut tentu menjadi angin segar bagi pelaku pariwisata. Seperti misalnya pihak hotel dan restoran di Samarinda yang dapatkan bantuan dari dana hibah pariwisata.

Senin (28/12/2020), Pemerintah Kota Samarinda melakukan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan perwakilan hotel dan restoran yang menjadi calon penerima hibah pariwisata.

Tanda tangan dilakukan secara virtual melalui video conference bersama Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, di aula rumah jabatan. Berdasarkan rilis dari akun resmi media sosial (medsos) Pemerintah Kota Samarinda, bahwa di Kota Tepian sedikitnya ada 33 hotel dan 44 restoran yang mendapatkan dana hibah itu.

Berapa besaran bantuannya? Hal itu tergantung besaran dari jumlah pajak yang dibayar ke daerah sejak tahun 2019.

Dengan adanya penandatanganan tersebut, Jaang mengungkapkan bahwa dana hibah tersebut sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah pusat. Dengan tujuan untuk meringankan beban industri hotel dan restoran selama pandemi virus beralias corona itu.

“Industri usaha yang berhak menerima dana hibah pariwisata ini adalah hotel dan restoran yang memenuhi kriteria, yang telah ditentukan pemerintah pusat dan langsung ditransfer ke masing-masing pelaku usahanya,” ujarnya.

Ia pun berharap kepada para penerima dana hibah, agar bisa dimanfaaatkan untuk menyelesaikan kewajibannya dalam membayar pajak secara online melalui perangkat yang disediakan oleh pemerintah, sehingga pajak yang dilaporkan bisa lebih akuntabel.

Baca Juga:  Mal dan Hotel di Samarinda Diimbau Tak Lakukan Pesta Perayaan, Pemerintah Keluarkan Surat Edaran

“Karena perangkat atau aplikasi yang kita sediakan ini, secara tidak langsung membantu pemilik usaha memantau usahanya secara real time,” katanya. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Destinasi

Tak Sekadar Nyaman, Berikut Alasan Kenapa Harus Memilih Kangaroo Premier

Destinasi

Islamic Center Samarinda, Masjid Terbesar dan Termegah di Asia Tenggara

Destinasi

Berikut Ini Rekomendasi Spa atau Sports Therapy di Bintan, Cobain Sensasinya

Destinasi

Sedang Berkunjung ke Balikpapan, Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Berikut Ini

Destinasi

Anda Mengalami Stres Berat, Cobalah untuk Berlibur ke Negara Ini

Destinasi

Mal dan Hotel di Samarinda Diimbau Tak Lakukan Pesta Perayaan, Pemerintah Keluarkan Surat Edaran

Destinasi

Pertama Sejak 1999, Festival Mahakam di Samarinda Batal Digelar Tahun Ini