Home / Politik

Monday, 4 January 2021 - 06:00 WIB

Soal Rumah Jabatan Ketua DPRD Samarinda, Sekwan Ditarget Selesaikan hingga 10 Januari 2021

Rumah jabatan Ketua DPRD Samarinda. (ist)

Rumah jabatan Ketua DPRD Samarinda. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Rumah jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda dikabarkan belum dapat digunakan pasca pelantikan Sugiyono menggantikan mendiang Siswadi.

Tak hanya rumah jabatan ketua dewan yang tak dapat digunakan, fasilitas kendaraan dinas juga turut belum dapat digunakan sepenuhnya oleh ketua terpilih pergantian antar waktu itu.

Sementara itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Pasal 13 poin 5 berbunyi sebagai berikut, “Dalam hal Pimpinan DPRD berhenti atau berakhir masa bakti, rumah negara dan perlengkapannya serta kendaraan dinas jabatan wajib dikembalikan dalam keadaan baik kepada Pemerintah Daerah paling lambat 1 (satu) bulan sejak tanggal berhenti atau berakhirnya masa bakti”.

Menanggapi kabar tersebut, Sekretaris DPRD Kota Samarinda, Agus Tri Sutanto mengaku telah melakukan upaya persuasif kepada pihak keluarga sebagai langkah percepatan pengembalian fasilitas negara.

“Kami (kesekretariatan) sudah melakukan tugas dan fungsi kami, yaitu melakukan pendekatan secara kekeluargaan dan secara administratif sudah kami sudah menyurati pihak keluarga. Alhamdulillah sudah ada pengembalian satu unit mobil dinas,” ungkapnya.

Agus menambahkan, persoalan fasilitas negara ini juga sudah dibahas dalam rapat Komisi I DPRD Kota Samarinda. “Intinya kita terus melakukan cara-cara kekeluargaan sampai nanti 10 Januari,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam PP 18/2017 poin 7 disebutkan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pengembalian rumah negara dan perlengkapannya serta kendaraan dinas jabatan diatur dalam peraturan menteri.

Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda, H Joha Fajal angkat bicara soal polemik fasilitas rumah jabatan Ketua DPRD Kota Samarinda yang hingga kini belum ditempati.

“Kemarin hasil rapat komisi I terkait aset itu masih wewenangnya sekwan. Kalau kami mengenai rumah jabatan kami hanya mengingatkan saja,” ujarnya.

Baca Juga:  Safaruddin untuk Masyarakat Kaltim: Isra Mikraj Bukti Kuasa dan Kebesaran Allah SWT

Joha menambahkan, pihaknya mengharapkan mengenai rumah jabatan dapat segera diberikan kepada Ketua DPRD Kota Samarinda yang telah resmi dilantik.

“Ketua DPRD yang sudah dilantik, berartikan dia punya hak untuk menggunakan fasilitas,” katanya.

Dari keterangan sekwan yang diperoleh komisi I, belum ada penyerahan kunci rumah jabatan kepada pihak sekretariat Dewan. “Makanya ini tugas sekwan untuk menelusuri,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Joha, pihaknya sepakat memberikan kesempatan kepada sekwan untuk menyelesaikan tugasnya sampai pada tanggal 10 Januari.

“Bila sampai tanggal 10 belum maka akan ada prosedur aturan yang berlaku,” pungkasnya. (***)

Reporter: Satria Mega Dirgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Samarinda, Pengamanan Berlapis dari Polisi

Politik

Daftar Pilkada, Zairin-Sarwono Naik Angkot Datangi KPU Samarinda

Politik

Adik Bupati Paser Dukung Sulaiman-Ikhwan, Dianggap Punya Pengalaman Matang Birokrasi dan Politik

Politik

Dugaan Pelanggaran Kampanye di Kota Tepian, Bawaslu Samarinda Temukan Bukti Minyak dan Kartu Nama

Politik

Dua Daerah di Kaltim Perpanjang Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Mana Saja

Politik

Gerakan Milenial Dukung Sulaiman-Ikhwan, Diyakini Mampu Membawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat Paser

Politik

PDI Perjuangan Gelar Survei Internal Pilkada Samarinda, Elektabilitas Andi Harun-Rusmadi Paling Tinggi

Politik

Viral, Beredar Nama-Nama Penjabat Sementara Lima Daerah di Kaltim Beredar