Home / News

Sunday, 10 January 2021 - 06:00 WIB

Kota Samarinda Paling Banyak Terima Vaksin Covid-19, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas Utama

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA –  Vaksinasi Covid-19 di Kaltim akan mulai dimulai pada 14 Januari 2021 mendatang. Dari 10 kabupaten/kota, Samarinda menjadi daerah yang dapat jatah paling banyak menerima vaksin.

Diketahui, Samarinda mendapatkan 6 ribu dosis dari 25.520 vaksin. Dari jumlah itu, diketahui bahwa untuk tenaga kesehatan dan medis tetap menjadi prioritas utama. Namun, tak semua akan menjalani vaksinasi.

“Kami akan memilah nantinya. Pemetaannya sudah ada,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismid Kusasih, Sabtu (9/1/2021).

Adapun untuk vaksin kabupaten/kota lain juga terinci, yakni Balikpapan dengan 4.670 dosis, Kutai Kartanegara (Kukar) 3.400 dosis, Kutai Timur (Kutim) 2.600, Berau 1.800, Kutai Barat (Kubar) 1.750, Bontang dan Paser masing-masing 1.700 dosis, Penajam Paser Utara (PPU) 1.100, dan Mahakam Ulu (Mahulu) 800 dosis.

Data yang dihimpun, untuk total seluruh tenaga kesehatan yang bakal menerima suntikan vaksin di Kaltim ada 12.760 orang. Khusus Samarinda 3.282 orang yang mendapatkan dari total 6.565 tenaga kesehatan yang ada.

Perihal pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan ini pun disampaikan Ismid, akan melalui prosedur yang telah diatur. “Nanti kami akan memberikan undangan,” katanya.

Dengan gerakan 3M, Drs H Safaruddin mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Pudink/Wayout.id)

Dia menyampaikan bahwa untuk pemberian vaksin itu, sosialisasi dan simulasi sudah dilakukan. Tak hanya itu, kriteria penerima vaksin juga dimulai dari usia 18-58 tahun. Bila ada tenaga kesehatan yang berumur di atas 85 tahun maka tak akan disuntik vaksin.

“Pun dengan mereka yang pernah tertular Covid-19 hingga punya riwayat penyakit penyerta atau komorbid. Semua harus sesuai kriteria dan akan dilihat kembali,” sebutnya.

Dia menambahkan, total ada 96 fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta di Samarinda yang terdaftar sebagai pelaksana vaksinasi. Ada juga 26 puskesmas yang tersebar di sejumlah kelurahan di Samarinda.

Baca Juga:  Terkait Temuan Layanan Rapid Test Antigen dengan Alat Bekas, Politisi PDI Perjuangan: Polda Kaltim Harus Lakukan Langkah Preventif

“Pemerintah sudah merencanakan program vaksin ini dan kami ikut arahan dari pusat,” katanya. (***)

Reporter: Satria Mega DIrgantara

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Balikpapan Bentuk Tim Khusus Penindak Protokol Kesehatan, Apa Saja Tugasnya

News

Enam Jabatan Tinggi di Kaltim Segera Terisi, Gubernur Punya Hak Prerogatif Memilih

News

Masyarakat Harus Waspada, Kaltim Berada di Posisi Tujuh Kasus Positif Covid-19 Terbanyak di Indonesia

News

Perawat di Samarinda Meninggal Terpapar Covid-19, Dimakamkan di TPU Serayu Tanah Merah

News

Alhamdulillah, Rektor Unmul dan Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Sembuh dari Covid-19

News

Persentase Testing Tinggi, Kaltim Masuk Daerah Terapkan Standar WHO di Penanganan Covid-19

News

Jelang Ramadan Ramai Kegiatan Ziarah Kubur, Safaruddin: Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

News

Balikpapan Berupaya Tekan Kematian Covid-19, Tingkat Kesembuhan Pasien Capai Target Nasional