Home / News

Tuesday, 26 January 2021 - 06:00 WIB

Kilometer 13 dan Lamaru Dijaga Ketat, Masuk ke Balikpapan Wajib Jalani Rapid Test Antigen secara Acak

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Terhitung mulai Selasa (25/1/2020), Pemerintah Kota Balikpapan mulai melakukan pemeriksaan test antigen secara acak di dua titik pintu masuk Kota Balikpapan kepada pengendara jalur darat yang akan memasuki Kota Balikpapan. Pemeriksaan rapid antigen ini sendiri sifatnya tidak dipungut biaya atau gratis.

Dua lokasi yang telah ditetapkan yakni di Jalan Soekarno-Hatta kilometer 13 Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara dan Jalan Mulawarman Kelurahan Lamaru Balikpapan Timur.

Penerapan pemeriksaan protokol kesehatan 5M juga diberlakukan di Terminal Batu Ampar dan Pelabuhan Feri Kariangau Balikpapan.

Langkah ini dilakukan dalam rangka pengawasan yang didasari dari Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Darat dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Wali Kota Balikpapan Nomor: 300/142/Pem tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan.

Turut hadir Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi melakulan tinjauan proses dijalankannya pemeriksaan protokol kesehatan dan tes antigen acak di kilometer 13 dan Terminal Batu Ampar.

“Upaya ini dilakukan untuk menekan rantai penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan mengingat kasus terkofirmasi positif terus meningkat hingga di atas 100 kasus per harinya,” ujar Rizal.

Dengan gerakan 3M, Drs H Safaruddin mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Pudink/Wayout.id)

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty memaparkan bahwa sebelum melakukan pemeriksaan, tahap awal yang menjadi perhatian adalah penerepan protokol kesehatan bagi pengendara.

“Yang diperiksa lebih awal adalah protokol kesehatan. Kalau ada yang melanggar seperti tidak menggunakan masker, jaga jarak atau kurang sehat, baru dilakukan rapid test antigen secara acak,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ada 90 Kasus Baru di Samarinda, Pasien Positif Covid-19 di Kaltim Terus Bertambah

Petugas yang terlibat dalam kegiatan pemeriksaan yaitu terdiri dari TNI dan Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

Pemeriksaan rapid test antigen bagi pengendara yang masuk Kota Balikpapan diberlakukan sejak hari ini sampai dengan tanggal 29 Januari 2021 mendatang. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Usai Libur Panjang di Balikpapan, Tak Banyak Masyarakat yang Mengikuti Rapid Test Gratis di Puskesmas

News

Peringatan HUT ke-75 Bhayangkara, Safaruddin Apresiasi Terobosan Program Akselerasi Vaksinasi Polri

News

Alhamdulillah, Rektor Unmul dan Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Sembuh dari Covid-19

News

Angka Positif Covid-19 di Balikpapan Melonjak, Kasus Riwayat OTG Menjadi yang Terbanyak

News

Akhirnya Kasus Covid-19 di Samarinda Mulai Melandai, Dua Kecamatan Telah Masuk Zona Kuning

News

Pasien Covid-19 yang Sembuh Bertambah, Samarinda dan Kaltim Kini Masuk Zona Risiko Sedang

News

Warga Binaan Lapas Klas IIA Samarinda Ditemukan Tak Bernyawa, Penyebabnya Masih Diselidiki

News

Dinas Kesehatan Samarinda Buka Pendaftaran untuk Vaksinasi, Belum Ada Kejelasan soal Jatah Vaksin