Home / News

Tuesday, 2 February 2021 - 06:00 WIB

500 Ribu Tenaga Kesehatan Telah Divaksin, Kementerian Kesehatan Gelar Vaksinasi Massal di Sejumlah Kota

ilustrasi. (ist)

ilustrasi. (ist)

WAYOUT.ID, JAKARTA – Program vaksinasi massal telah dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Kementerian Kesehatan mencatat lebih dari 500 ribu tenaga kesehatan telah menerima vaksin dalam kurun dua pekan sejak vaksinasi Covid-19 pertama kali disuntikkan pada Presiden Joko Widodo.

Untuk mempercepat vaksinasi bagi tenaga kesehatan, Kementerian Kesehatan menggelar vaksinasi massal di sejumlah kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Manado.

“Antusiasme lebih dari 500 ribu tenaga kesehatan, termasuk yang telah mengikuti kegiatan vaksinasi massal, menunjukkan respon yang sangat positif dari para tenaga kesehatan dalam mendukung program vaksinasi ini,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk vaksinasi Covid-19, dr Siti Nadia Tarmizi.

Melihat jumlah tenaga kesehatan yang telah ikut serta dalam program vaksinasi hingga minggu kedua ini, Nadia optimistis target 1,5 juta tenaga kesehatan dapat tercapai paling lambat akhir Februari.

“Berdasarkan laporan dari Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), hingga saat ini, semua reaksi masih bersifat ringan dan tidak ada yang serius,” ujar Nadia.

Pentahapan dalam pemberian vaksin Covid-19 dilakukan dengan memerhatikan roadmap organisasi kesehatan dunia (WHO) dan Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE). Selain itu juga berdasarkan pada hasil kajian dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI).

“Setelah tenaga kesehatan, sasaran vaksinasi Covid-19 selanjutnya adalah para petugas pelayanan publik dan kelompok usia lanjut lebih dari 60 tahun,” jelasnya. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Kasus Covid-19 di Kaltim Terus Mengalami Peningkatan, 375 Orang Kembali Terpapar Virus

News

Seleksi Pejabat Pemprov Kaltim Selesai, Inilah Daftar 13 Pejabat yang Dilantik Isran Noor

News

Angka Pasien Covid-19 di Kaltim Tak Sampai 2 Ribu Orang, Wali Kota Samarinda Positif Terpapar

News

Berjuang Selama 12 Hari untuk Sembuh dari Covid-19, Bupati Berau Tutup Usia

News

Ada 200 Narapidana Mendapatkan Asimilasi, Rutan Klas IIA Samarinda Masih Terus Lakukan Pemantauan

News

Satu Pasien Sudah Dinyatakan Sembuh, Mahulu Kembali Dinyatakan Bebas dari Virus Corona

News

Kasus Dugaan Korupsi di Perusda PT AKU Terungkap, Kejati Kaltim Tetapkan Direksi dan Rekanan Jadi Tersangka

News

Belajar tatak Muka Dimulai Tahun Depan, Kaltim Masih Menunggu Petunjuk Teknis dari Pusat