Home / Politik

Monday, 22 February 2021 - 06:00 WIB

Rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan di Balikpapan, Safaruddin Ajak Masyarakat Tanam Pohon

Anggota DPR RI Dapil Kaltim yang juga Ketua PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin (kanan/memegang cangkul) melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Ampal. (Pudink/Wayout.id)

Anggota DPR RI Dapil Kaltim yang juga Ketua PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin (kanan/memegang cangkul) melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Ampal. (Pudink/Wayout.id)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin bersama pengurus DPC PDI Perjuangan Balikpapan menggelar aksi penghijauan, Minggu (21/2/2021). Aksi bersih-bersih dan tanam pohon itu dilakukan di bantaran Sungai Ampal, Balikpapan.

“Supaya pohon ini bisa besar, bisa menyerap air. Sekarang ini kan sedikit hujan, banjir. Karena pohon-pohon sudah enggak ada, pohon-pohon sudah habis. Makanya kita tanam, supaya kalau hujan ada yang menyerap. Kalau musim kemarau ada persediaan air,” kata anggota DPR RI Dapil Kaltim itu.

Menurut Safaruddin, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri telah mencanangkan Gerakan Penghijauan dan Membersihkan Sungai. Gerakan tersebut wajib dilakukan oleh seluruh pengurus, kader, dan simpatisan PDI Perjuangan.

“Artinya betul-betul kita berpusat bagaimana menjaga dan memelihara lingkungan. Karena sekarang ini yang kita lihat, akibat kita yang menebangi pohon. Akibat yang sekarang kita terima. Makanya kita tidak ingin anak-cucu kita mengalami, makanya sekarang kita tanam,” tegas Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Dia berharap, seluruh pengurus, kader, dan simpatisan banteng rutin menanam pohon di mana saja, baik di halaman rumah, tetangga, keluarga, kantor, hingga pinggir-pinggir jalan. “Jadi kalau ada tanah kosong silakan ditanami,” harap Safaruddin.

Nantinya setelah penanaman, wakil Kaltim di Senayan itu meminta agar pengurus mulai dari tingkat kota, pengurus anak cabang (PAC), hingga ranting agar memelihara pohon-pohon yang telah ditanam supaya tetap tumbuh.

“Saya berharap bukan hanya kader PDI Perjuangan yang rajin menanam pohon, tapi semua masyarakat,” tegasnya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Balikpapan, Budiono mengatakan, penanaman pohon ini dalam rangka HUT ke-48 PDI Perjuangan.

“Sesuai tema, Politik Hijau. Makanya kita menjaga bantaran sungai dengan menanam pohon dan membersihkan daerah aliran sungai. Tentunya kita tidak menanam saja, tapi harus merawat dan memelihara,” kata Budiono. (***)

Baca Juga:  Warga Desa Mekar Baru Sambut Kedatangan Mahyunadi, Satu Suara untuk Kutim Makin Maju

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Siap Bersinergi Menjadikan Kutim Makin Maju, Wakil Gubernur Kaltim Dukung Penuh Mahyunadi-Kinsu

Politik

Warga Sampaikan Keluh Kesahnya ke Mahyunadi, Berharap Banyak Agar Desa Long Nah Makin Maju

Politik

Usung Sembilan Pasangan Calon, Ini Pesan Ketua PDI Perjuangan Kaltim

Politik

Silaturahmi dengan Warga Desa Sangatta Utara, Mahyunadi-Kinsu Dorong Tumbuhnya UMKM dan Koperasi

Politik

Hai Ges! Ada Info Menarik Nih, Insya Allah Basri Rase Akan Bangun Rumah Kreasi Milenial di Bontang

Politik

Muhammad Samsun Hadiri Acara Pengantar Tugas Kapolda Kaltim

Politik

Basri Rase-Najirah Adi Darma di Pilkada Bontang, Safaruddin: Sudah Kita Usulkan ke DPP

Politik

Pilkada Samarinda, Kapolresta Samarinda Ingatkan Pasangan Calon soal Ikrar Sebelum Pencoblosan