Home / Politik

Monday, 22 February 2021 - 06:00 WIB

Rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan di Balikpapan, Safaruddin Ajak Masyarakat Tanam Pohon

Anggota DPR RI Dapil Kaltim yang juga Ketua PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin (kanan/memegang cangkul) melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Ampal. (Pudink/Wayout.id)

Anggota DPR RI Dapil Kaltim yang juga Ketua PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin (kanan/memegang cangkul) melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Ampal. (Pudink/Wayout.id)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin bersama pengurus DPC PDI Perjuangan Balikpapan menggelar aksi penghijauan, Minggu (21/2/2021). Aksi bersih-bersih dan tanam pohon itu dilakukan di bantaran Sungai Ampal, Balikpapan.

“Supaya pohon ini bisa besar, bisa menyerap air. Sekarang ini kan sedikit hujan, banjir. Karena pohon-pohon sudah enggak ada, pohon-pohon sudah habis. Makanya kita tanam, supaya kalau hujan ada yang menyerap. Kalau musim kemarau ada persediaan air,” kata anggota DPR RI Dapil Kaltim itu.

Menurut Safaruddin, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri telah mencanangkan Gerakan Penghijauan dan Membersihkan Sungai. Gerakan tersebut wajib dilakukan oleh seluruh pengurus, kader, dan simpatisan PDI Perjuangan.

“Artinya betul-betul kita berpusat bagaimana menjaga dan memelihara lingkungan. Karena sekarang ini yang kita lihat, akibat kita yang menebangi pohon. Akibat yang sekarang kita terima. Makanya kita tidak ingin anak-cucu kita mengalami, makanya sekarang kita tanam,” tegas Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Dia berharap, seluruh pengurus, kader, dan simpatisan banteng rutin menanam pohon di mana saja, baik di halaman rumah, tetangga, keluarga, kantor, hingga pinggir-pinggir jalan. “Jadi kalau ada tanah kosong silakan ditanami,” harap Safaruddin.

Nantinya setelah penanaman, wakil Kaltim di Senayan itu meminta agar pengurus mulai dari tingkat kota, pengurus anak cabang (PAC), hingga ranting agar memelihara pohon-pohon yang telah ditanam supaya tetap tumbuh.

“Saya berharap bukan hanya kader PDI Perjuangan yang rajin menanam pohon, tapi semua masyarakat,” tegasnya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Balikpapan, Budiono mengatakan, penanaman pohon ini dalam rangka HUT ke-48 PDI Perjuangan.

“Sesuai tema, Politik Hijau. Makanya kita menjaga bantaran sungai dengan menanam pohon dan membersihkan daerah aliran sungai. Tentunya kita tidak menanam saja, tapi harus merawat dan memelihara,” kata Budiono. (***)

Baca Juga:  PDI Perjuangan Solid Menangkan Sulaiman-Ikhwan, Pastikan Infrastruktur Jalan Desa Jadi Prioritas

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

Politik

Safaruddin Ungkap Dua Nama Pengganti Mendiang Thohari Aziz sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan, Siapa Saja Mereka?

Politik

Komitmen Basri Rase-Najirah Atasi Banjir di Bontang, dari Revitalisasi hingga Penataan Permukiman

Politik

Mahyunadi Silaturahmi dengan Warga Desa Cipta Graha, Didampingi Faisal Rahman Selaku Juru Kampanye

Politik

Warga Desa Sandaran Inginkan Jalan Mulus, Mahyunadi-Kinsu Pastikan Infrastrukur Terpenuhi

Politik

Edi Damansyah-Rendi Solihin Perkenalkan 10 Program Unggulan dan 23 Program Dedikasi untuk Kukar

Politik

Vaksinasi Dosis Kedua di Parlemen Dilakukan, Safaruddin: Waspada Kemungkinan Embargo

Politik

Selesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara, KPU Samarinda Bersiap Memasuki Tahapan Lanjutan

Politik

Gubernur-Wakil Gubernur Pastikan Pilkada Lancar, Imbau Semua Pihak Saling Menghormati