Home / News

Monday, 22 March 2021 - 14:39 WIB

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Kaltim di Atas 90 Persen, Safaruddin: Jangan Lengah!

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim yang juga anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin menjalani suntik vaksin Covid-19. (ist)

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim yang juga anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin menjalani suntik vaksin Covid-19. (ist)

WAYOUT.ID, SAMARINDA – Tingkat kesembuhan pasien terpapar Covid-19 di Benua Etam mengalami peningkatan. Bahkan, tingkat kesembuhannya sudah di atas 90 persen.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, persentase sembuh pada Minggu (21/3/2021) mencapai 90,4 persen. Di mana, jumlah pasien sembuh tertinggi berasal dari Samarinda dan Kutai Kartanegara (Kukar) dengan masing-masing 96 kasus sembuh atau selesai isolasi.

Berikutnya, disusul Balikpapan 69 kasus, Paser 40 kasus, Kutai Barat (Kubar) 41 kasus, Kutai Timur (Kutim) 26 kasus, Bontang 17 kasus, Berau 16 kasus, dan Penajam Paser Utara (PPU) 2 kasus. Sementara Mahakam Ulu nol kesembuhan.

“Dengan demikian, total pasien sembuh se-Kaltim mencapai 403 orang,” kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto, Senin (22/3/2021).

Tingginya tingkat kesembuhan virus beralias corona itu di Kaltim mendapat perhatian anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin. Menurutnya, tingkat kesembuhan harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi,” kata Safar, sapaan karibnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu juga mengimbau kepada semua pihak untuk tidak lengah. Semua harus bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Di mana, penerapan protokol kesehatan menjadi sesuatu yang wajib untuk dijalankan.

“Jangan lengah! Semua wajib mematuhi protokol kesehatan. Disiplin 5 M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” tegas anggota Komisi III DPR RI yang membidangi hukum, keamanan, dan hak asasi manusia (HAM) itu.

Sementara itu, terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro (PPKM Mikro), menurutnya terbukti efektif untuk menekan penyebaran virus. Kendati diterapkan, tidak mematikan perekonomian. Pasalnya, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa kendati tetap menjalankan protokol kesehatan.

“PPKM Mikro ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menekan penyebaran virus. Meskipun ada relaksasi, namun disiplin protokol kesehatan juga penting. Jika ini tertib kita terapkan, kasus positif pasti akan terus berkurang,” harap Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Baca Juga:  Waspadalah, Deretan Penyakit Ini Sebabkan Pasien Covid-19 di Kaltim Meninggal

Menurutnya, pemerintah terus berupaya agar proses vaksinasi dapat dipercepat. Sehingga masyarakat Indonesia, khususnya Kaltim memiliki kekebalan tubuh agar tak terpapar Covid-19. Sembari menunggu proses vaksinasi menyeluruh, disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan kebijakan PPKM Mikro merupakan langkah tepat.

“Soal vaksinasi tidak perlu diperdebatkan. Jangan percaya dengan isu menyesatkan. Dalam menentukan vaksin, semua pihak yang berkompeten dilibatkan. Mulai dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), kementerian terkait, dan pihak-pihak terkait lainnya. Kami di DPR RI juga terus mendampingi, mengawal, dan mengawasi upaya pemerintah dalam menangani Covid-19,” tegas Safaruddin.

Dia pun optimistis, sinergitas antara pemerintah pusat hingga daerah, serta semakin meningkatnya kesadaran masyarakat, akan mampu menekan penyebaran Covid-19. “Saya yakin, kebijakan yang diambil Presiden Joko Widodo dan jajarannya, adalah demi seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya. (***)

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Balikpapan Berupaya Tekan Kematian Covid-19, Tingkat Kesembuhan Pasien Capai Target Nasional

News

Demo Omnibus Law di Samarinda dan Balikpapan, Lantunkan Selawat hingga Gelar Aksi Teatrikal

News

Terjerat Kasus Penggelapan, Kejari Jebloskan Anggota DPRD Balikpapan ke Lapas

News

Distribusi Vaksin Covid-19 Ditentukan oleh Pemerintah Pusat, Pemprov Kaltim Belum Dapat Kejelasan

News

Gelar Aksi Bagi Masker, Pemerintah Kota dan TNI/Polri Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Balikpapan

News

Jelang Ramadan Ramai Kegiatan Ziarah Kubur, Safaruddin: Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

News

Perwali Protokol Kesehatan Diterapkan, Berlakukan Sanksi di Samarinda

News

Wakil Gubernur Kaltim Akuinya Jika Anaknya Sudah Divaksin Covid-19, Begini Reaksinya Usai Disuntik