Home / News

Friday, 30 April 2021 - 12:35 WIB

Antisipasi Beredarnya Makanan Keduwarsa Jelang Lebaran di Kaltim, Pemerintah Daerah Diminta Segera Lakukan Operasi Pasar

Anggota DPR RI Dapil Kaltim yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin saat mengunjungi pasar beberapa waktu lalu. (Pudink/Wayout.id)

Anggota DPR RI Dapil Kaltim yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin saat mengunjungi pasar beberapa waktu lalu. (Pudink/Wayout.id)

WAYOUT.ID, BALIKPAPAN – Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin mengimbau agar pemerintah daerah mengantisipasi adanya makanan kedaluwarsa jelang Lebaran. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar. Apalagi yang sudah dikemas dalam bentuk bingkisan.

Safaruddin mengatakan, perlu ada upaya pemantauan atau pengecekan terhadap makanan, baik di pasar tradisional maupun modern. Jika ditemukan makanan kedaluwarsa, harus segera diambil dari peredaran sebelum masyarakat mulai belanja bingkisan makanan untuk Lebaran.

“Mulai dari sekarang harus segera diantisipasi. Jangan sampai masyarakat Kaltim yang dirugikan. Pemerintah daerah bekerja sama dengan instansi terkait, dalam hal ini kepolisian dan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) segera bergerak. Dicek dulu biar semua aman. Kalau ada makanan expired segera diambil,” imbau ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu, Jumat (30/04/2021).

Safaruddin juga mengimbau agar pemerintah memantau pasokan sembako. Biasanya, aktivitas belanja masyarakat meningkat jelang Lebaran. Di sisi lain, pemantauan harga bahan pokok juga perlu dilakukan secara rutin menjelang Lebaran agar pedagang tidak menaikkan harga sendiri.

“Kalau pasokan langka, harga akan terkerek naik. Lagi-lagi yang dirugikan masyarakat. Jangan sampai kelangkaan terjadi. Operasi pasar harus segera dilakukan. Jangan ditunda lagi,” imbuh anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Diakuinya, yang agak sulit dideteksi adalah makanan yang sudah dikemas dalam bentuk bingkisan. Karena memang sudah dibungkus dan langsung diedarkan. Kendati demikian, Safaruddin juga mengimbau kepada masyarakat untuk teliti sebelum mengonsumsi.

“Harus teliti dan waspada terhadap makanan dan minuman kedaluwarsa. Masyarakat harus lebih teliti, jangan terlalu terburu-buru, apalagi tergiur harga murah. Saat membeli atau menerima bingkisan, dicek dulu tanggal kedaluwarsanya. Jangan langsung dikonsumsi, nanti malah membahayakan. Jika menemukan makanan kedaluwarsa yang dijual, laporkan,” tegas Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Baca Juga:  Bocah Sembilan Tahun Asal Malaysia Berhasil Menangkan Kompetisi Desain Toilet untuk NASA

Reporter: Bima Putra Perkasa

Editor: Prananda Dwi Indra Purnama

Share :

Baca Juga

News

Angka Sembuh Covid-19 di Kaltim Mencapai 81,3 Persen, Safaruddin Ingatkan Masyarakat Jangan Lengah

News

Demo Tolak Omnibus Law di Kantor DPRD Kaltim Berakhir Ricuh, Demonstran dan Polisi Bentrok

News

Kasus Pernikahan Anak di Kaltim Masih Tinggi, Safaruddin: Masa Depan Anak Tak Boleh Dikorbankan

News

Nasional Pecah Rekor Positif Covid-19, Kaltim Tambah 196 Kasus

News

Terpaparnya Zairin Zain Masih Simpang Siur, Pemancingan Umum Loa Bakung Diduga Jadi Tempat Karantina

News

Takbiran dan Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Safaruddin Imbau Patuhi Protokol Kesehatan

News

Para Minggu 20 Desember 2020, Pasien Terpapar Covid-19 di Kaltim Bertambah 155 Kasus

News

Tingkat Penularan Tinggi, Akhir Tahun Ini Kaltim Bakal Dapat Jatah Vaksin Covid-19 dari Kemenkes RI